Inspirasi Hewan Peliharaan Mungil Untuk Si Kecil

Hewan Peliharaan Anak

Anak-anak sudah diperkenalkan dengan hewan sejak kecil, melalui mainan yang dimilikinya. Coba tengok kamar buah hati tersayang, pasti Anda dengan mudah akan menemukan mainan boneka hewan, miniatur hewan dari karet, piano mainan yang bisa mengeluarkan suara hewan, atau beraneka gambar dan juga puzzle hewan.

Maka dari itu tak heran jika anak-anak pada akhirnya punya keinginan untuk memelihara hewan sendiri. 

Tapi mungkin Anda bingung hewan apa yang cocok untuk diberikan pada si kecil, terlebih lagi jika rumah tak cukup besar untuk membuat kandang atau tempat khusus. Berikut ini merupakan beberapa hewan mungil yang cocok dijadikan peliharaan si kecil tersayang:

1. Kelinci


Kelinci merupakan salah satu hewan peliharaan terbaik untuk anak. Bulunya yang lembut, wajahnya yang lucu, dan juga karakternya yang jinak cocok sekali dipelihara oleh si kecil. 

Kelinci juga tidak butuh tempat yang luas untuk kandangnya, Anda hanya perlu memastikan alas kandangnya rutin dibersihkan karena kencing kelinci berbau cukup menyengat. 

Selain itu, pastikan Anda memperhatikan makanan yang diberikan seperti rumput, sayuran, dan juga makanan khusus untuk kelinci.

Banyak mitos yang menyebutkan kalau kelinci adalah hewan peliharaan yang gampang mati. Padahal hal tersebut sangat keliru sebab kelinci bisa bertahan hingga 12 tahun jika dirawat dengan baik. 

2. Hamster


Jika Anda merasa kelinci masih terlalu besar untuk dipelihara dan tidak ada area hijau di rumah, hamster bisa jadi pilihan lain. Hewan pengerat ini bisa dibilang dapat hidup dengan baik di dalam ruangan asalkan diletakkan di kandang yang cukup luas dan bersih.

Hamster sangat senang beraktivitas, sehingga di dalam kandangnya harus dilengkapi dengan beberapa alat permainan seperti labirin atau roda putar. 

Makanan hamster juga sangat mudah didapat, berupa biji-bijian dan juga sayuran serta buah. Sayangnya, hamster hanya memiliki rentang hidup selama maksimal 3 tahun. Jadi pastikan Anda memberikan pengertian tersebut pada buah hati sebelum memeliharanya.

3. Landak mini


Beberapa tahun terakhir, landak mini menjadi salah satu hewan peliharaan yang sangat populer. Hewan ini memiliki ukuran sebesar hamster dengan duri-duri di bagian punggungnya.

Tapi tenang saja, tak seperti landak dewasa, duri landak mini ini tidak terlalu tajam sehingga tak akan melukai anak-anak landak mini juga tidak agresif sehingga cocok jika berinteraksi dengan anak kecil. 

Meski landak mini merupakan omnivora, namun sebaiknya Anda tetap memperhatikan makanan yang dikonsumsinya untuk menghindari masalah kesehatan.

Hewan satu ini cukup mudah dirawat hanya saja perlu dibawa ke dokter hewan secara rutin karena rentang terserang penyakit.

4. Kura-kura


Kura-kura adalah salah satu hewan terbaik yang bisa dijadikan peliharaan jika Anda tidak punya cukup space di rumah. Hanya dengan sebuah akuarium kecil kura-kura bisa bertahan hidup dengan baik.

Kotorannya juga tidak berbau, hewan ini tidak berisik, serta tidak akan melukai si kecil. Hanya saja, kura-kura memang bukan merupakan hewan peliharaan yang bisa diajakn berinteraksi.

Sebelum membelikan anak hewan peliharaan, pastikan juga Anda membekali diri dengan cara perawatannya. Sebab si kecil belum cukup dewasa untuk bisa merawat sendiri peliharaannya tanpa bantuan orang tua.

Bagi kalian yang ingin update informasi menarik, berita terkini dan berita terbaru terus kunjungi Goksss.com.

Comments

Popular posts from this blog

2 Pertanyaan Saat Hamil Yang Mungkin Merasa Tabu Untuk Ditanyakan Ke Dokter

Pemuda Tunjukan Kontribusi Nyata Dengan Lakukan Hal Ini Untuk Indonesia

Tips dan Cara Cepat Hamil Setelah Haid Selesai