Cara untuk Mencegah Penyakit Menular Seksual

penyakit seksual menular

Seks merupakan suatu aktivitas yang indah dan nikmat, dalam hal ini tentunya dilakukan oleh pasangan yang sudah menikah. Bahkan aktivitas seks ini bisa menjadi nilai ibadah jika dilakukan oleh pasangan yang sudah menikah. 

Namun untuk menghindari dari berbagai penyakit yang bisa menyerang kapan saja, alangkah baiknya jika anda dan pasangan mengetahui hal-hal yang bisa mencegah terjadinya penyakit menular. 

Untuk itu, dalam tulisan kali ini akan mengupas tentang beberapa cara untuk mencegah penyakit menular seksual sebagai berikut :

1. Setia Pada Pasangan Anda


Anda bisa memperkecil risiko tertular penyakit kelamin, yaitu dengan cara melakukan sedikit seks dengan lebih sedikit orang. 

Risiko terkecil tentunya merupakan setia pada satu-satunya pada pasangan anda di rumah, dan tentu saja dengan catatan bahwa pasangan anda juga belum terinfeksi penyakit kelamin. 

2. Menjaga Kebersihan Vagina Terutama Sebelum Dan Setelah Melakukan Seks


Untuk mencegah terserangnya penyakit menular seksual lainnya, adalah dengan cara membersihkan organ kelamin sebelum dan sesudah melakukan hubungan seks. 

Dengan menjaga kebersihan dari area kelamin tersebut, anda dapat mencegah terserang mikroorganisme penyebab penyakit menular seksual. 

Anda juga bisa memilih cairan antiseptik pembersih kewanitaan yang mengandung povidone-iodine, yang berguna untuk membasmi bakteri penyebab infeksi di vagina. 

Dan juga gunakanlah pembersih kewanitaan segera mungkin setiap selesai berhubungan seks, sehingga anda bisa menjaga kesehatan vagina anda terlindungi. 

Jangan lupa bahwa pembersih vagina cukup untuk digunakan di bagian luar vagian saja , karena bagian dalam lubang vagina sudah punya mekanisme pembersih sendiri dengan bantuan bakteri yang baik.

3. Ajaklah Pasangan Pria Menggunakan Kondom


Walaupun anda masih bisa terkena Herpes atau HPV ketika menggunakan kondom, sebagian besar dengan menggunakan kondom dapat mencegah penyakit menular seksual. 

Selain itu, beberapa kondom bahkan memiliki kandungan yang dapat membunuh mikroorganisme penyebab penyakit. 

4. Jauhi alkohol


Dengan menjauhi alkohol, merupakan salah satu bentuk dari pencegahan penyakit menular seksual. Jika anda melakukan seks namun dalam keadaan terpengaruhi alkohol, maka risiko untuk melakukan seks dengan aman akan berkurang. 

Dengan kata lain, ketika anda dalam keadaan mabuk atau tidak sadarkan diri maka anda berisiko untuk melakukan seks yang berisiko. 

5. Melakukan Vaksinasi


Cara lainnya yang bisa mencegah terkena penyakit seksual yaitu dengan cara melakukan vaksinasi, anda bisa melakukan vaksinasi HPV untuk mengurangi risiko terkena HPV. 

Berdasarkan data dari American Sexual Healthy association, dalam 6 tahun diberlakukannya vaksin HPV telah berhasil menurunkan prevalensi HPV pada wanita berumur 14-19 tahun sebesar 64% dan 34% wanita pada usia 20-24 tahun. 

Jadi, vaksin HPV ini sudah terbukti berhasil yang dapat menurunkan risiko HPV.

Demikianlah untuk pembahasan kali ini semoga ada guna dan manfaatnya. Bagi kalian yang ingin update informasi menarik, berita terkini dan berita terbaru terus kunjungi Goksss.com.

Comments

Popular posts from this blog

2 Pertanyaan Saat Hamil Yang Mungkin Merasa Tabu Untuk Ditanyakan Ke Dokter

Pemuda Tunjukan Kontribusi Nyata Dengan Lakukan Hal Ini Untuk Indonesia

Tips dan Cara Cepat Hamil Setelah Haid Selesai