Pemuda Indonesia Berharap Pemerintah Mau Mendukung Kreatifitas Anak Bangsa


Generasi Indonesia zaman now harus memiliki kreatifitas dan inovasi dalam bidang apapun, agar kita tak kalah bersaing dengan anak muda dari negara lain.

Jika kita sering dibandingkan dengan anak muda dari Jepang, maka ke depan kita harus bisa menyamainya. Tak hanya berbekal pendidikan tinggi, anak muda harus membekali diri dengan kreatifitas yang mumpuni.

Kisaran umur anak muda yakni antara 17 – 37 tahun, inilah rentang usia yang sangat produktif. Istilah lainnya yakni generasi milennial, mereka punya banyak waktu untuk mengasah kemampuan.

Dukungan Berupa Kebijakan Perundang-Undangan


Dalam hal ini peraturan pemerintah yang mampu mengakomodir keperntingan perkembangan kreatifitas baik industri kreatif atau dunia usaha yang memiliki kreatifitas tinggi.

Kreatifitas lain juga bisa dilihat dari cara anak muda menghasilkan barang atau mengolah barang menjadi memiliki nilai guna yang cukup tinggi. Disinilah peran pemerintah dibutuhkan berupa dukungan kebijakan sehingga anak muda memiliki saluran yang jelas untuk mewadahi kreatifitasnya.

Undang-undang yang berpihak pada kreatifitas ini salah satunya Undang Undang Nomor 5 tahun 1984 tentang Perindustrian, disitu terdapat perlindungan terhadap hak karya intelektual. Ada juga Undang Undang lain yakni Nomor 31 tahun 2000 tentang Desain Industri dalam Perlindungan Hak atas Kekayaan Intelektual.

Pembinaan Dari Pemerintah Kepada Anak Muda


Semakin meningkatnya kreatifitas anak muda di Indonesia, maka pemerintah harus hadir dan mendampingi anak-anak. Pembinaan yang dilakukan pemerintah akan membuat anak muda merasa diakui dan diakomodir segala kepentingannya.

Dengan adanya pembinaan ini tentu memberikan dampak positif karena akan meningkatkan produktifitas anak muda sehingga lebih banyak menghasilkan karya kreatifitasnya.

Dukungan Teknologi Dan Network


Anak muda – teknologi – internet – kreatifitas seperti bagian-bagian yang tidak bisa dipisahkan. Teknologi yang ada saat ini menjadi mainan sehari-hari anak muda dalam mengasah kreatifitasnya. Dimana dukungan internet yang memadai semakin memudahkan mereka menunjukkan hasil karyanya. Sehingga tidak pula yang berhasil menentukan nilai ekonomi dari kreatifitas yang dibuatnya melalui internet.

Pengembangan Bakat Generasi Muda


Pemerintah sendiri memiliki komitmen yang bagus untuk mendukung industri kreatif yang dihasilkan anak muda. Seperti industri games dan software yang selalu membutuhkan sentuhan estetika dari para penciptanya. Pemerintah memfasilitasinya dari mulai penyediaan infrastruktur internet hingga Satelit Palapa Ring.

Di era internet sekarang ini akhirnya banyak melahirkan media-media baru untuk dijadika sarana berekspresi dan berkesenian. Selain tentunya untuk media komunikasi dan informasi, kini beralih menjadikan internet sebagai ladang untuk menggali potensi kreatifitas anak muda dari seluruh Indonesia.

Itulah ulasan mengenai harapan kepada pemerintah agar mau mendukung kreatifitas anak bangsa.

Comments

Popular posts from this blog

2 Pertanyaan Saat Hamil Yang Mungkin Merasa Tabu Untuk Ditanyakan Ke Dokter

Pemuda Tunjukan Kontribusi Nyata Dengan Lakukan Hal Ini Untuk Indonesia

Tips dan Cara Cepat Hamil Setelah Haid Selesai