Anda Ingin Hidup Sehat? Berikut Ini Tips dan caranya


Goksss.com - Kesehatan itu sangat mahal harganya bagi manusia. Oleh karena itu kita haru menjaga serta merawat kesehatan tersebut. Karena dengan tubuh yang sehat, kita bisa melakukan segala aktivitas sehari-hari dengan maksimal.

Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan itu? Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini akan memberikan 10 tips dan cara hidup sehat sebagai berikut:

1. Beribadah


Tips hidup sehat yang pertama adalah beribadah. Beribadah merupakan salah satu cara yang ampuh untuk mendapatkan ketenangan jiwa dan pikiran kita.

Dengan jiwa dan pikiran yang tenang ini bisa bermanfaat untuk kesehatan, karena bisa menghindari dari stress yang bisa merupakan sumber dari berbagai macam penyakit.

2. Perbanyak Minum Air Putih


Tanpa kita sadari bahwa sebagian besar dari kita sebenarnya seringkali kurang mengkonsumsi air putih setiap harinya.

Hal ini tentunya sangat tidak baik bagi tubuh kita, karena air tersebut sangatlah penting bagi tubuh kita.

Jika kita kekurangan air setiap harinya maka tubuh kita akan mengalami dehidrasi yang bisa mengganggu kesehatan tubuh kita.

Oleh sebab itu, mulai saat ini untuk membiasakan diri minum air putih sebanyak mungkin, minimal 8 gelas perhari.

3. Tidur dan Istirahat Yang Cukup


Tips hidup hidup sehat selanjutnya adalah dengan tidur serta istirahat yang cukup. Karena tidur serta beristirahat yang cukup itu merupakan salah satu kunci kebiasaan hidup yang sehat.

Sebab tubuh kita ini sangat membutuhkan istirahat yang cukup sehingga tubuh kita menjadi bugar kembali dan siap untuk melakukan berbagai aktifitas lagi.

Selain itu dengan tidur serta istirahat yang cukup juga bisa mencegah penuaan dini.

4. Olahraga Yang Teratur


Menurut penelitian menunjukkan bahwa dengan berolahraga yang teratur setiap harinya bisa membawa manfaat bagi kesehatan tubuh kita, seperti penurunan berat badan, pembakaran kolesterol, menguatkan jantung, dan lain sebagainya.

Namun jika anda tidak ada waktu untuk berolahraga atau pergi ke gym, anda bisa melakukan aktifitas yang ringan sehari-hari sebagai pengganti olahraga seperti jalan-jalan, bersepeda, naik tangga, dan lain sebagainya.

5. Perbanyak Konsumsi Buah


Tips dan cara hidup sehat berikutnya adalah dengan cara memperbanyak mengkonsumsi buah-buahan. Karena buah-buahan ini merupakan makanan yang banyak mengandung vitamin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Dari sekian banyak buahan salah satunya adalah jambu merah. Jambu merupakan salah satu jenis buah tropis yang banyak ditemukan di Indonesia, yang terdiri dari beberapa jenis salah satunya yaitu jambu merah.

Tentunya, buah yang satu ini mempunyai rasa yang lezat dan mempunyai harga murah. Tak hanya mempunyai rasa yang lezat saja, jambu merah juga ternyata mempunya banyak manfaat untuk kesehatan loh.

Selain itu juga, di dalam jambu merah mempunyai kandungan berbagai mineral dan vitamin yang dibutuhkan untuk tubuh diantaranya adalah mempunyai vitamin A, vitamin C, asam folat, vitamin B6 dan masih banyak lagi.

Berikut manfaat jambu merah untuk kesehatan:

Menurunkan Kolestrol Dan Tekanan Darah


Manfaat dari jambu merah dapat menurunkan kolestrol dan tekanan darah tinggi, dikarenakan jambu merah dijadikan sebagai buah yang baik untuk kesehatan jantung.

Tentunya, kolestrol yang tinggib dan juga tekanan darah tinggi merupakan pemicu dari penyakiy kardiovaskular.

Sehingga, kandungan serat di dalam jambu merah baik untuk metabolisme lemak, dapat menurunkan kolestrol LDL, dan dapat mencegah terjadinya pementukan plak pada pembuluh darah.

Selain itu juga, kandungan kalium yang tinggi di dalam jambu merah  dapat membantu untuk mengontrol tekanan darah.

Meningkatkan Trombosit

Bagi anda yang sedang mengalami demam berdarah dengan kekurangan trombosit, maka di sarankan untuk mengkomsumsi jambu.

Jambu merah merupakan salah satu buah yang di anggap sebagai, buah yang dapat meningkatkan trombosit.

Selain buahnya yang banyak manfaat, daun jambu biji juga ternyata mempunyai manfaat yang luar biasa yaitu dapat meningkatakan kadar trombosit.

Sehingga jika ingin mendapatkan manfaat jambu untuk pemulihan DBD, maka sebaiknya mengomsumsi jambu beserta kulit dan juga air rebusan daunnya.

Menjaga Sistem Pencernaan

Manfaat lainnya dari jambu merah adalah dapat mejaga sistem pencernaan, yang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.

Kandungan serat di dalam buah jambu, dapat memenuhi kurang lebih 12% kebutuhan serat sehari-hari.

Sehingga, jambu biji dan daun jambu biji ini sangat efektif jika dimanfaat sebagai obat untuk mengatasi masalah pencernaan.

Dikarenakan efek antimikroba yang ada di dalam jambu, dapat mengatasi gangguan seperti diare dan risiko berbagai infeksi saluran pencernaan yang dapat menurun dengan mengkomsumsi jambu biji secara rutin.

Baik Untuk Kesehatan Kulit

Kandungan antioksidan di dalam jambu merah bermanfaat untuk mencegah penuaan dini, dan antimokroba dari ekstra jambu juga dapat mengatasi masalah kulit seperti jerawat.

Selain itu juga, kandungan vitamun C di dalam jambu sangat baik untuk mencerahkan kulit. Selain buahnya, ternyata daun jambu juga memiliki manfaat untuk kulit lohh.

Untuk penggunaan daun jambu, secara topikal dapat membantu penyembuhan luka di kulit agar lebih cepat.

Baca juga: Tips dan Cara Cepat Hamil Setelah Haid Selesai

6. Hindari Makanan Olahan Dan Makanan Kaleng


Supaya tubuh kita tetap sehat, sebaiknya menghindari makanan olahan atau kalengan, karena makanan tersebut banyak terdapat zat-zat yang berbahaya bagi kesehatan tubuh seperti zat pewarna dan pengawet.

Makanan tersebut jika dikonsumsi dengan jumlah yang cukup banyak serta dalam jangka panjang bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita.

7. Perbanyak Konsumsi Sayuran


Selain harus memperbanyak mengkonsumsi buah-buahan, kita juga harus memperbanyak mengkonsumsi sayur-sayuran.

Sama halnya dengan buah-buahan, sayuran ini juga merupakan makanan yang banyak mengandung vitamin yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Bahkan para pakar kesehatan menyarankan, supaya kita mengkonsumsi 5-9 porsi buah-buahan / sayur-sayuran setiap harinya.

8. Mulailah Mencintai Diri Sendiri


Tips dan cara hidup sehat berikutnya adalah mulailah untuk mencintai diri sendiri. Karena dengan mencintai diri sendiri anda akan terhindar dari dampak stres yang bisa berakibat buruk juga bagi kesehatan.

Bukan hanya itu, anda juga bisa mengambil lebih banyak manfaat dengan pemikiran yang positif terhadap cara pandang tentang hidup serta kehidupan yang lebih luas.

Dengan demikian, hal ini akan membuat pribadi anda yang jauh lebih bahagia setiap harinya. Dengan bahagian inilah yang membuat tubuh anda menjadi selalu tetap sehat.

9. Berjalan Dengan Bertelanjang Kaki


Perlu anda ketahui bahwa ada banyak sekali manfaat yang sudah terbukti positif berjalan dengan bertelanjang kaki, mulai dari dapat memperbaiki postur tubuh yang lebih baik, mengurangi stres untuk kaki dan sendi.

Hal ini sudah terbukti secara ilmiah karena dengan berjalan dengan bertelanjang kaki dapat memberikan efek pijatan yang menciptakan rasa nyaman ke sekujur tubuh.

10. Jauhi Orang – Orang Dengan Pola Pikir Negatif


Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa sikap mental yang positif merupakan bagian penting dari hidup yang sehat.

Dengan demikian, hal ini membuat anda tidak perlu untuk berteman/mendekati orang-orang yang berpikiran negatif yang bisa meracuni pikiran dengan segala pemikiran yang bisa menyebabkan stres, yang akhirnya bisa berdampak buruk untuk kesehatan.

Baca juga: Penyebab Payudara Nyeri Saat Menyusui dan Cara Meredakannya

Comments

Popular posts from this blog

2 Pertanyaan Saat Hamil Yang Mungkin Merasa Tabu Untuk Ditanyakan Ke Dokter

Pemuda Tunjukan Kontribusi Nyata Dengan Lakukan Hal Ini Untuk Indonesia

Tips dan Cara Cepat Hamil Setelah Haid Selesai