8 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui


Goksss.com - Manfaat jeruk nipis sudah diketahui banyak orang, baik itu manfaat jeruk nipis untuk kesehatan, manfaat jeruk nipis untuk wajah, manfaat jeruk nipis untuk rambut, dan manfaat jeruk nipis untuk diet.

Meski rasa jeruk nipis ini sangat asam atau kecut tetapi ternyata didalamnya mengandung banyak sekali kandungan senyawa bervitamin yang baik untuk menjaga tubuh baik dalam ataupun luar. Dan Vitamin C adalah salah satunya yang terkenal.

Jika dibandingkan dengan jenis jeruk yang lainnya, jeruk nipis ini termasuk kedalam jenis jeruk yang mengandung vitamin C paling tinggi.

Jeruk nipis tidak hanya mengandung vitamin C saja tetapi mengandung berbagai vitamin lainnya seperti vitamin B1, B2, B3, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, seng, dan juga gula.

Tidak ketinggalan juga adanya kandungan asam sitrat yang membuatnya berasa asam. Jika kamu ingin mengetahui manfaat apa saja yang diberikan jeruk nipis untuk kesehatan, maka berikut dibawah ini beberapa manfaatnya yang perlu diketahui diantaranya yaitu:

1. Meningkatkan Imunitas


Dipasaran ada banyak sekali suplemen tubuh yang menggunakan vitamin C. Kamu bisa mendapatkan sumber vitamin C yang alami dari jeruk nipis.

Dengan rutin mengkonsumsi air perasan jeruk nipis yang mengandung antioksidan berupa flavonoid maka akan dapat membantu meningkatkan imunitasmu, sehingga kamu akan tetap sehat bugar dalam kondisi apapun.

2. Menyeimbangkan pH


Keseimbangan asam dan basa didalam tubuh yang biasanya disebut dengan pH adalah hal penting karena inilah yang menjadi penentu apakah kamu sehat atau sedang sakit.

Saat tidak seimbangnya kandungan pH didalam tubuh maka itu berarti kamu sedang sakit. Untuk bisa menyeimbangkan kembali pH tubuh, kamu bisa memanfaatkan jeruk nipis yang berasa asam.

3. Mencegah Kanker


Jeruk nipis mengandung liminoid yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas didalam tubuh sehingga bisa membantu menurunkan risiko terserang sebagian jenis kanker seperti leukemia, kanker lambung, dan juga kanker usus besar.

4. Membantu Mengurangi Tekanan Darah Tinggi 


Kandungan kalium yang tinggi didalam jeruk nipis dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

Baca juga: 5 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan

5. Mengobati Asam Urat


Kandungan flavonoid yang kaya didalam jeruk nipis berperan sebagai anti-oksidan kuat. Sifat anti-oksidan yang dimilikinya dapat membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terlebih molekul tidak stabil yang bisa merusak sel sel sehat.

6. Menyehatkan Ginjal


Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang dapat mencegah proses pengikatan mineral lainnya yang dilakukan oleh kalsium.

Dengan mengkonsumsi air perasan jeruk nipis setiap hari maka akan dapat membantu menyehatkan ginjal dan juga membantu mencegah terjadinya batu ginjal.

7. Menurunkan Berat Badan


Dengan mengkonsumsi teh jeruk nipis setiap hari maka akan dapat membantu memperlancr metabolisme tubuh, termasuk metabolisme lemak, sehingga bisa membantu menghilangkan lemak dari tubuhmu.

Selain itu juga kandungan anti oksidan yang kaya didalam teh hijau dapat membantu mencegah kanker dan menurunkan kadar kolesterol jahat LDL didalam tubuh.

8. Menjaga Berat Badan Ideal


Cara kerjanya sama saja dengan poin 2 yaitu jeruk nipis akan membantu memperlancar metabolisme tubuh.

Oleh karena itu jika kamu ingin mencoba memanfaatkan jeruk nipis ini untuk diet supaya tetap terjaganya berat badan, maka setiap harinya minumlah air perasan jeruk nipis supaya tetap terjaganya berat badan ideal.

Itulah manfaat jeruk nipis untuk kesehatan, semoga artikel ini dapat bermanfaat untukmu ya.

Comments

Popular posts from this blog

2 Pertanyaan Saat Hamil Yang Mungkin Merasa Tabu Untuk Ditanyakan Ke Dokter

Pemuda Tunjukan Kontribusi Nyata Dengan Lakukan Hal Ini Untuk Indonesia

Tips dan Cara Cepat Hamil Setelah Haid Selesai