Berikut Ini Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk Kesehatan Tubuh


Goksss.com - Perlu anda ketahui bahwa banyak sekali manfaat berjemur di pagi hari untuk kesehatan.

Karena memang pagi hari merupakan waktu yang paling tepat untuk berjemur di bawah sinar matahari.

Karena di waktu inilah, sinar matahari masih belum terik sehingga anda bisa mendapatkan manfaat banyak  untuk kesehatan alami.

Dimana, sinar matahari pagi ini bisa menghasilkan sinar UV (ultraviolet) yang menyentuh permukaan kulit untuk diubah oleh tubuh menjadi vitamin D. Berikut manfaat sinar matahari di pagi hari :

1. Bisa Meningkatkan Sirkulasi Darah


Perlu diketahui bahwa sinar ultra violet ini bisa meningkatkan sirkulasi darah dengan melebarkan pembuluh darah di kulit.

Dengan demikian, nutrisi dan oksigen lebih bnayak dibawa menuju sel-sel saat pembuluh darah kapiler terbuka sehingga kesehatan anda menjadi lebih baik.

Bukan hanya itu, jantung anda pun akan menjadi lebih sehat dengan menurunkan denyut nadi saat beristirahat dan mengurangi tekanan darah. 

2. Mengatasi Depresi


Manfaat sinar matahari selanjutnya adalah untuk mengatasi depresi. Ada sebuah studi menunjukkan bahwa dengan terkena sinar matahari bisa meningkatkan suasana hati anda.

Karena pada pagi hari yang cerah dengan matahari bersinar terang, akan membuat otak anda akan menghasilkan hormon serotonin, yakni sejenis hormon yang bisa mempengaruhi suasana hati.

Hormon ini akan semakin banyak dibandingkan dengan hari-hari mendung atau berawan.

Dengan berkurangnya hormon serotonin dalam tubuh, anda pun akan semakin rentan terserang seasonal affetive disorder (SAD), yakni suatu bentuk depresi yang dipicu oleh perubahan musim.

Jika sudah terkena SAD, apalagi di musim yang kurang sinar mataharinya seperti musm dingin atau penghujan, gejala depresi seperti sulit berkosenstrasi, tidur berlebihan, murung, malas melakukan kegiatan sehari-hari, merasa lelah, serta hilang energu bisa anda rasakan. 

3. Sinar Matahari Penawar Infeksi dan Pembunuh Bakteri


Manfaat sinar matahari yang pertama adalah mampu membunuh bakteri penyakit, virus, dan juga jamur.

Bahkan, pada perawatan TBC, erysipelas, keracunan darah, peritonisis, pneumonia, mumps, dan asma, terapi sinar ultra violet pagi hari ini sangat dibutuhkan.

Selain itu, ada beberapa dari virus penyebar kanker bisa dimusnahkan oleh sinar matahari ini. Infeksi jamur, termasuk candida, juga bakteri di udara bereaksi dan bisa dibinasakan oleh sinar matahari ini.

Baca juga: 5 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan

4. Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Manfaat sinar matahari selanjutnya adalah bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh. Pada saat kulit terkena sinar matahari pagi hari, maka akan terjadi penambahan sel darah putih, terutama limfosit, yang digunakan untuk menangkal infeksi dan berbagai penyakit akibat jamur, virus, dan bakteri.

Sehingga secara tidak langsung anti bodi pun akan meningkat. Kondisi ini akan bertahan hingga 3 minggu.

5. Bisa Menurunkan Tekanan Darah


Selain bisa menurunkan berat badan, manfaat matahari juga bisa menurunkan tekanan darah. Karena kulit yang terkena sinar ultra violet akan melepaskan senyawa, oksida nitrat, yang menurunkan tekanan darah.

Bahkan dalam penelitian terbaru yang dilakukan di Universitas Edinburgh, dokter kulit mempelajari tekanan darah dari 34 relawan di bawah sinar matahari dan panas.

Dimana, dalam sesi tersebut para relawan terkena kedua sumber cahaya dan di sesi yang lain, sinar ultra violet diblokir sehingga hnaya panas yang mempengaruhi kulit.

Dan hasil dari penelitian tersebut menunjukkan penurunan tekanan darah yang sangat signifikan sesudah terpapar sinar matahari selama satu jam namun tidak setelah panas saja. 

Itulah manfaat berjemur di pagi hari untuk kesehatan tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian ya.

Baca juga: 8 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Comments

Popular posts from this blog

2 Pertanyaan Saat Hamil Yang Mungkin Merasa Tabu Untuk Ditanyakan Ke Dokter

Pemuda Tunjukan Kontribusi Nyata Dengan Lakukan Hal Ini Untuk Indonesia

Tips dan Cara Cepat Hamil Setelah Haid Selesai