Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar Secara Alami


Selain cukup menyakitkan, luka bakar juga kerap meninggalkan bekas berupa noda berwarna hitam kecoklatan. Meski sekedar bekas, namun kehadiran bekas luka bakar ini dapat berpengaruh terhadap penampilan kita.

Ya, terlebih jika bekas luka bakar tersebut ada di area wajah. Tapi kabar baiknya, pada kesempatan kali ini akan membocorkan rahasia mengenai cara menghilangkan bekas luka bakar secara alami dalam waktu singkat saja. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini. 

1. Rimpang Coptidis


Cara menghilangkan bekas luka bakar lainnya adalah dengan menggunakan rimpang coptidis. Rimpang Coptidis (coptidid=s rhizome) ini merupakan bahan alami yang sudah berabad-abad dimanfaatkan untuk berbagai kondisi, salah satunya adalah untuk luka bakar.

Rimpang Coptidis ini bisa membanti meringankan rasa sakit bakar sekaligus mempercepat perbaikan sel yang rusak akibat luka. 

2. Minyak Wijen


Cara megobati luka bakar berikutnya adalah dengan menggunakan minyak wijen. Dimana, minyak wijen ini bisa membanti melembapkan kulit dan menyerap sisa panas pada luka bakar sehingga penyembuhan pun dapat berjalan dengan lebih cepat. Selain itu, minyak wijen ini juga bisa mencegah timbulnya bekas luka. 

3. Minyak Lavender


Dengan menggunakan dua sampai tiga tetes minyak lavender pada luka bakar, selain untuk mengurangi rasa sakit tetapi juga bisa meminimalkan jaringan parut terbentuk.

Dalam penggunaannya, jangan langsung meneteskan minyak lavender ini ke kulit yang terkena luka bakar. Namun campurkan terlebih dahulu 1-2 tetes minyak ini dengan minyak lain seperti baby oil atau minyak zaitun.  


4. Bawang Bombay


Cara mengobati dan menghilangkan bekas luka  bakar yang pertama adalah dengan menggunakan bawang bombay.

Perlu diketahui bahwa bawang bombay ini dapat digunakan sebagai penghilang bekas luka, seperti luka bakar, keloid, bekas penghapusan tato, dan operasi pengangkatkan jaringan.

Hal ini dikarenakan bawang bombay mengandung antioksidan quercetin yang mampu menghentikan firoblas atau sel penghasil jaringan parut pada kulit, menyamarkan bekas luka, serta mengurangi perubahan warna pada kulit akibat kondisi tersebut

 Memang penggunaan bawang bombay sebagai obat penghilang luka membutuhkan waktu cukup lama. Namun, cara penggunaannya cukup mudah, caranya adalah cukup oleskan air perasan bawang bombay pada bekas luka bakar. Mudahkan?

5. Menggunakan Lemon


Obat penghilang luka bakar lainnya adalah dengan menggunakan lemon. Karena lemon ini kaya akan vitamin C dan aplha hydroxy acids (AHA). Lemon ini diklaim mampu mengangkat kulit mati dan merangsang pembentukkan kulit baru.

Selain itu, lemon juga bisa membantu kulit untuk memproduksi kolagen yang bisa membanti sel-selnya untuk mereduksi sel mati. Cara penggunaannya juga cukup mudah, yakni:
  • Langkah pertama, cuci lemon sampai bersih dan belah menjadi beberapa bagian
  • Lalu usapkan pada bekas luka bakar di permukaan kulit yang sudah dibersihkan sebelumnya.
  • Diamkan selama kurang lebih 20 menit tanpa dibilas.
  • Untuk hasil yang lebih maksimal lakukan cara ini secara terus menerus.
  • Selamat mencoba

6. Menggunakan Krim/Salep


Salah satu cara untuk menghilangkan bekas luka adalah dengan menggunakan krim atau salep penghilang bekas luka yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Misalnya, anda ingin menghilangkan bekas luka bakar maka gunakanlah krim/salep penghilang bekas luka bakar juga.

Seperti itulah beberapa cara menghilangkan bekas luka bakar dalam waktu singkat, yang mungkin saja kamu tertarik untuk mencobanya?


Comments

Popular posts from this blog

2 Pertanyaan Saat Hamil Yang Mungkin Merasa Tabu Untuk Ditanyakan Ke Dokter

Pemuda Tunjukan Kontribusi Nyata Dengan Lakukan Hal Ini Untuk Indonesia

Tips dan Cara Cepat Hamil Setelah Haid Selesai