6 Manfaat Jamu Beras Kencur Bagi Kesehatan Tubuh

6-manfaat-jamu-beras-kencur-bagi-tubuh

Goksss.com - Salah satu cara untuk mendapatkan tubuh sehat yang biasa dilakukan oleh masyarakat Indonesia adalah dengan mengkonsumsi jamu beras kencur. Karena memang beras kencur ini merupakan minuman yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Minuman ini digolongkan sebagai jamu karena memiliki khasiat utama untuk meningkakan nafsu makan. Bukan hanya itu, cita rasanya yang manis dan memberikan kesegaran membuat anak-anak juga bisa mengkonsumsinya. Adapun bahan utama dari jamu beras kencur ini adalah beras dan kencur. Perpaduan dari kedua bahan alami ini mengandung vitamin B yang bisa merangsang lambung untuk memberikan rasa lapar. Bahan lain yang digunakan sebagai campurannya adalah gula merah atau gula kelapa dan asam jawa. Dengan demikian, semakin komplitlah manfaat dari beras kencur ini.

Penasaran apa manfaat lainnya dari jamu beras kencur yang bisa dirasakan oleh tubuh? Mari kita simak ulasannya di bawah ini.

1. Dapat Mengatasi Flu

Manfaat jamu beras kencur yang pertama adalah dapat menyembuhkan flu. Manfaat ini bisa dirasakan berkat adanya efek hangat yang dihasilkan oleh kencur. Selain itu, efek hangat dari kencur juga bisa menghilangkan rasa mual yang disebabkan oleh flu.

Tak hanya sampai di situ , batuk juga bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi jamu beras kencur. Karena sensasi hangatnya bisa menetralkan batuk dan rasa pegal. Sakit kepala akibat flu juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi beras kencur ini. Bahkan, bahan utama kencur ini juga bisa digunakan sebagai obat untuk sakit kepala traumatis pada mereka yang menderita migrain. 

2. Dapat Menyembuhkan Sariawan

Manfaat lainnya dari jamu beras kencur adalah dapat menyembuhkan sariawan. Kencur yang merupakan sebagai bahan utama jamu ini mampu menyembuhkan masalah sariawan. Karena rasa hangat dan sifat anti-bakterinya bisa meringankan sariawan. Selain itu, manfaat lainnya bisa didapatkan dari kandungan minyak atsiri (borneol, kamfer, sineol, etilalkohol) sehingga bisa dimanfaatkan sebagai peluruh dahak atau pembersih tenggorokan dan masalah tenggorokan lainnya. 

3. Mengobati Infeksi

Perlu diketahui bahwa terdapat penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Nah, untuk meringankan kondisi penyakitnya, Anda bisa mengonsumsi jamu beras kencur ini. Manfaat beras kencur ini didapatkan dari kandungan zat-zat di dalamnya yang bersifat antibakteri. Jadi, zat antibakteri ini bisa melawan infeksi atau berbagai penyakit lainnya yang disebabkan oleh bakteri.

Baca juga: Kumpulan Berita Terbaru Seputar Wanita dan Update-annya di Popbela.com

4. Dapat Menyembuhkan Diare

Kencur mengandung zat-zat sititoksik dan antibakteri yang bisa meringankan diare. Dimana, sebagian besar kasus diare ini disebabkan oleh infeksi pada saluran pencernaan. Dan mikroba yang bertanggung jawab dalam infeksi ini termasuk bakteri, virus atau parasit. Nah, sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri dari kencur ini bisa membunuh bakteri dan menyembuhkan diare dengan cepat. Selain itu, jamu beras kencur juga mampu menghindari tubuh dari dehidrasi akibat kekurangan cairan saat diare.

5. Dapat Mencegah Kanker

Manfat jamu beras kencur berikutnya adalah dapat mencegah kanker. Karena kencur mengandung etil-p metoksisinamat yang bersifat anti-kanker. Kandungan yang ada pada beras kencur ini bisa menghambat proliferasu sel karsinoma hati hepatoseluler. Hambatan pada prolifersi sel karsinoma hati hepatoseluler bisa mencegah terjadinya penyakit kanker. 

6. Menambah Stamina

Manfaat jamu beras kencur selanjutnya adalah dapat menambah stamina tubuh. Dengan mengkonsumsi jamu beras kencur secara rutin setiap malam hari bisa membantu mengisi stamina sehingga keesokan paginya bisa bangun dengan energi yang lebih baik.

Kencur mengandung zat-zat yang bisa membantu dalam meningkatkan energi dan kesadaran, dan dapat mengatasi kelelahan. Selain itu, beras kencur juga bisa memberikan efek stimulasi pada sistem yang berfungsi penting dalam imunitas tubuh.

Bagaimana? Menarik sekali bukan manfaat-manfaat yang bisa diberikan dari segelas jamu beras kencur? Jadi Anda tidak perlu ragu lagi ketika akan membeli jamu gendong yang lewat di sekitar rumah Anda, karena jamu yang dijual tersebut terbukti memiliki khasiat yang baik bagi tubuh. Selamat mencoba ya!

Baca juga: 8 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Comments

Popular posts from this blog

2 Pertanyaan Saat Hamil Yang Mungkin Merasa Tabu Untuk Ditanyakan Ke Dokter

Pemuda Tunjukan Kontribusi Nyata Dengan Lakukan Hal Ini Untuk Indonesia

Tips dan Cara Cepat Hamil Setelah Haid Selesai