Resep Kue Basah Modern dengan Bahan Dasar Ketan

varian kue basah tepung ketan

goksss.com - Tepung ketan adalah bahan yang mudah didapatkan. Meskipun tampak simple pada mulanya, tepung ketan ini bisa diubah menjadi aneka kue menarik yang bercita rasa tidak terdefinisi, sangat enak. Selain mudah untuk ditemui, harga tepung ketan pun relatif terjangkau. Karenanya, untuk membuat kue dari tepung ketan, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang tinggi. Ada beberapa varian kue basah modern berbahan tepung ketan yang harus Anda coba, berikut daftarnya. 

1. Klepon Salju Lumer

Klepon merupakan makanan khas Indonesia yang terbuat dari tepung ketan. Teksturnya sangat lembut, sehingga nikmat sekali ketika disantap. Selain itu, klepon pun mempunyai isi berupa gula aren yang lumer ketika disantap. 

Saat ini, klepon pun telah dikreasikan ke dalam beberapa corak, salah satunya klepon salju lumer. Salju di atas klepon membuat kudapan satu ini tampak seperti bola-bola salju yang indah. Adapun salju di atasnya bisa dibuat dengan parutan kelapa maupun gula. Sebetulnya, tanpa tambahan toping sekalipun, rasa klepon yang unik sudah nikmat untuk dimakan. 

Bagi Anda yang menginginkan klepon, bisa langsung mengunjungi penjualnya untuk merasakan sensasi lumernya gula aren di dalamnya. Tidak hanya itu, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Agar hasilnya sesuai dengan yang dikehendaki, jangan lupa untuk menggunakan resep yang tepat ya. 

2. Lapis Kombinasi 3 Warna

Setelah klepon, ada pula lapis yang mana bahan dasarnya juga tepung ketan. Sama seperti klepon, tekstur permukaan lapis sangat lembut saat dimakan. Yang membuatnya menarik, lapis biasanya terdiri dari kombinasi beberapa warna. Mulai dari hijau dan putih, coklat dengan putih, dan lainnya. Mengenai proses pembuatan lapis, Anda bisa mengikuti sebagaimana yang dijelaskan dalam resepnya. 

Tenang, karena prosedurnya tidak ribet. Ketika membuat adonan, pastikan sesuai takarannya ya agar lapis yang Anda buat tidak bantat. Setelah itu, kukus satu persatu lapisan warna yang akan digunakan dalam kue. Nah, jadi diperlukan kesabaran ekstra untuk menghasilkan kue lapis yang rasanya membuat siapapun yang menikmatinya ketagihan. 

3. Onde-Onde

Anda mungkin sudah akrab dengan onde-onde. Berbalut wijen yang melingkupi permukaannya, biasanya onde-onde berisikan kacang hijau yang telah dihaluskan. Sebagaimana diketahui bersama, kacang hijau memiliki manfaat yang baik dalam tubuh. Karena itu, kacang hijau yang terkandung di dalam onde-onde tepung ketan akan berdampak baik untuk tubuh. 

4. Gandos Kombinasi Parutan Kelapa

Gandos merupakan makanan yang memiliki cita rasa gurih. Apalagi jika dipadukan dengan parutan kelapa, tentunya akan membuat kudapan unik yang satu ini semakin enak. Bentuknya kecil, sehingga tidak merepotkan Anda untuk membawanya. Praktis, bisa sekali makan. Sekilas memang terlihat seperti pukis, tetapi gandos dengan pukis adalah dua makanan yang berbeda. Gandos yang terbuat dari tepung ketan cenderung lebih lembut dibandingkan dengan pukis. 

5. Putu Tepung Ketan 

Siapa yang tak kenal putu, kudapan yang dikemas dengan sangat cantik sekaligus enak. Putu tepung ketan biasanya dikombinasikan dengan parutan kelapa. Hal tersebut menjadikan putu semakin terlihat cantik, juga menjadikannya semakin gurih. Apalagi jika Anda menikmatinya saat masih hangat, boleh dikatakan kenikmatan dari putu ini akan bertambah. 

Apakah Anda pernah mencoba kue-kue berbahan dasar tepung ketan yang telah dipaparkan di atas? Apabila pernah, pasti Anda tahu bagaimana kelezatan setiap kue tersebut. Karena itu, kue-kue yang telah disebutkan sangat cocok untuk dijadikan kudapan. Rasanya nikmat, sekaligus bentuknya yang simple membuatnya bisa dinikmati dimanapun tanpa ribet. 

Baca juga: Berikut Ini Resep Kue Kekiniaan Anti Bosan!

 

 


Comments

Popular posts from this blog

2 Pertanyaan Saat Hamil Yang Mungkin Merasa Tabu Untuk Ditanyakan Ke Dokter

Jenis-jenis Seni Musik Di Dunia

Tips dan Cara Cepat Hamil Setelah Haid Selesai