Bacaan Doa Qunut Lengkap Beserta Artinya



Bacaan doa qunut merupakan amalan sunnah yang bisa kita baca ketika rakaat terakhir setiap melakukan sholat fardhu. Akan tetapi, ada juga perbedaan pendapat di kalangan para ulama. Ada yang berpendapat bahwa bacaan doa qunut yang dilakukan setelah sholat fardhu masih menjadi perdebatan. Namun, pada umumnya, bacaan doa qunut bisa kita lantunkan ketika kita melakukan ibadah sholat subuh atau sholat witir di 15 malam terakhir pada bulan Ramadhan.

Pada umumnya, bacaan doa qunut akan dibaca ketika kita melakukan sholat secara berjamaah. Biasanya, imam akan mengeraskan suara serta melantunkan bacaan doa qunut subuh yang kemudian akan diamini oleh makmum. Doa qunut subuh akan dibacakan pada rakaat terakhir, yakni di antara rukuk dan sujud. Untuk mengetahui lebih lengkap seputar bacaan doa qunut, mari kita simak bersama bacaan doa qunut dalam versi Latin, Arab, dan terjemahannya.

Berikut ini merupakan bacaan doa qunut subuh

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

 "Allahummahdini fî man hadait, wa ‘âfini fî man ‘âfait, wa tawallanî fî man tawallait, wa bâriklî fî mâ a‘thait, wa qinî syarra mâ qadhait, fa innaka taqdhî wa lâ yuqdhâ ‘alaik, wa innahû lâ yazillu man wâlait, wa lâ ya‘izzu man ‘âdait, tabârakta rabbanâ wa ta‘âlait, fa lakal hamdu a’lâ mâ qadhait, wa astagfiruka wa atûbu ilaik, wa shallallâhu ‘alâ sayyidinâ muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alâ âlihi wa shahbihi wa sallam."

 Arti bacaan doa qunut subuh: "Ya Allah tunjukkanlah kepadaku sebagaimana mereka yang telah Engkau tunjukkan. Dan berilah kesehatan kepadaku sebagaimana mereka yang Engkau telah berikan kesehatan. Dan peliharalah aku sebagaimana orang yang telah Engkau peliharakan. Dan berilah keberkahan bagiku pada apa-apa yang telah Engkau karuniakan. Dan selamatkan aku dari bahaya kejahatan yang Engkau telah tentukan. Maka, sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan kena hukum. Maka, sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin. Dan tidak mulia orang yang Engkau memusuhinya. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau. Maha bagi Engkau segala pujian di atas yang Engkau hukumkan. Ku memohon ampun dari Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau. (Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya."

 Dengan mempelajari bacaan doa qunut subuh beserta dengan artinya, kita bisa mulai belajar untuk membaca doa qunut saat sholat subuh. Semoga Allah SWT memberikan kita yang rajin beribadah keberkahan. Doa qunut yang menjadi salah satu sunnah dalam sholat subuh mengacu pada pendapat para ulama yang berasal dari kalangan mazhab Syafii dan Maliki.

Adapun dalil yang digunakan pada hukum ini ialah haditz Nabi Muhammad SAW yang sebagaimana sudah diriwayatkan oleh Ahmad, dari Anas bin Malik R.A. Beliau berkata: "Rasulullah senantiasa membaca qunut ketika shalat subuh sehingga beliau wafat." (HR. Ahmad).

Beberapa riwayat juga mengatakan bahwa membaca doa qunut ketika sholat subuh memiliki beberapa keutamaan, salah satunya ialah mendapatkan petunjuk dan mendapatkan perlindungan. MUI (Majelis Ulama Indonesia) juga mengajak umat Islam untuk banyak berdoa dan memohon ampun pada Allah SWT serta meninggalkan permusuhan.

Baca juga: Sempurnakan Salat, Ini Bacaan Doa Qunut Subuh dan Artinya

Comments

Popular posts from this blog

Resep Kue Basah Modern dengan Bahan Dasar Ketan

7 Masakan Rumahan yang Bikin Ngiler

Kumpulan Nama Bayi Laki-Laki Modern Yang Inspiratif