4 Makanan Khas Lombok Ini Wajib Dicicipi

makanan-khas-lombok


goksss.com - 
Indonesia memiliki potensi wisata yang kaya dan beragam mulai dari ujung barat hingga bagian timurnya. Lombok merupakan salah satu surga dunia yang bisa ditemukan di Indonesia. Pulau Lombok sepertinya tidak pernah absen dalam daftar kunjungan setiap orang yang merencanakan melakukan liburan untuk memanjakan diri serta memadu kasih dengan keindahan alamnya. 

Lombok tidak hanya terkenal akan wisata alam dan budayanya saja, namun juga dikenal dengan masakan khas yang dominan bercita rasa pedas dan berbumbu rempah yang diracik secara khusus supaya terciptanya keunikan khas penduduk Lombok.

Jika dalam waktu dekat ini kamu ada rencana akan datang ke Lombok atau bahkan kini sudah berada di pulau seluas 5.435 km persegi itu. Kamu jangan lupa untuk cicipi 4 makanan khas Lombok di bawah ini :

1. Beberuk Terong

Terong yang biasanya dianggap sebagai sayuran remeh oleh sebagian orang namun di tanah Lombok, sayuran tersebut diperlakukan bagaikan primadona. Disana, terong diolah menjadi lalapan khas Lombok yang bisa menjadi pendamping saat santap nasi dan lauk utamanya. 
Seperti yang telah disinggung di atas bahwa makanan khas Lombok didominasi makanan bercita rasa pedas yang menyegarkan, termasuk juga beberuk terong. Makanan khas ini dibuat dari terong gelatik (bentuknya bulat kecil dan berwarna putih keunguan) yang memiliki tekstur renyah dan rasa langu namun tidak getir atau sepet. 
Biasanya terong ini tidak dihadirkan sendirian namun ada juga kacang panjang yang kemudian disiram dengan sambal tomat. Rasa pedas yang tercipta dari sambal tomatnya tidak begitu menyiksa lidah. Hal tersebut dikarenakan adanya perpaduan rasa manis dan asam berkat penggunaan bumbu lain didalamnya. 

2. Nasi Balap

Nasi Balap merupakan makanan khas Lombok yang kini cukup banyak dijual di daerah daerah lain. Seperti di Yogyakarta, ada Warung Nasi Balap Puyung yang berada di Jalan Selokan Mataram, Sleman. 
Nasi Balap merupakan makanan berat yang menunjukkan ciri khas masakan Lombok yang terletak pada rasa pedasnya. Jika kamu belum pernah mencoba makanan ini, nasi balap merupakan hidangan nasi putih seperti pada umumnya yang disajikan bersama suwiran ayam berbumbu pedas, kering kentang, kacang kedelai goreng, juga telur. Rasa pedas dari makanan khas ini berasal dari ayam, sedangkan kehadiran kentang kering menciptakan rasa gurih serta renyah. 

Baca Juga : 7 Masakan Rumahan yang Bikin Ngiler

3. Ayam Rarang

Ayam Rarang merupakan ikon kuliner khas Lombok yang sayang jika dilewatkan oleh setiap pelancong yang baru pertama kali menginjakkan kakinya di pulau dengan julukan Pulau Seribu Masjid itu. 
Makanan khas Lombok ini menggunakan bahan dasar ayam kampung yang dimasak dan digoreng terlebih dahulu sebelum disajikan. Ayam Rarang juga menggambarkan ciri khas masakan Lombok yang bercita rasa pedas. Baluran bumbu sambal yang dipadukan dengan cabai rawit membuat Ayam Rarang ini sekilas tampak sangat pedas. Padahal, saat dicicipi, rasa Ayam Rarang tidak sepedas penampilannya. 

4. Ayam Taliwang

Ayam Taliwang merupakan salah satu dari sekian banyak makanan khas Lombok yang paling terkenal di Indonesia. Hampir seluruh restoran atau rumah makan yang berdiri di Lombok menyajikan masakan khas ini. 
Masakan khas Lombok ini memiliki banyak jenis yaitu ayam taliwang pedas manis, sambal lima, pelecingan, bakar kecap, bakar madu, goreng asam, dan goreng biasa. Biasanya penyajian ayam taliwang ini didampingi nasi juga sahabat terbaiknya yaitu plecing kangkung yang dipadukan dengan tauge, kacang tanah, parutan kelapa, dan sambal. 

Itulah beberapa ulasan terkait makanan khas lombok yang menggungah selera makanmu, tertarik mencobanya?




Comments

Popular posts from this blog

Resep Kue Basah Modern dengan Bahan Dasar Ketan

7 Masakan Rumahan yang Bikin Ngiler

Kumpulan Nama Bayi Laki-Laki Modern Yang Inspiratif