tiga kreasi resep mie goreng dengan citarasa indonesia banget

Mie goreng, siapa sih yang tidak kenal olahan makanan satu ini? Berasal dari mie yang digoreng bersama bumbu instan, sayuran segar, beserta toping suwiran ayam atau telur, mie goreng selalu jadi primadona di hampir setiap dapur di Indonesia. Mulai dari gerobak kaki lima sampai restoran bintang lima, menu mie goreng pasti mudah ditemukan dengan berbagi variasi resep mie goreng yang siap menggoyang lidah.

Apa masakan mie goreng favorit Anda? Apakah Anda sekeluarga punya resep mie goreng andalan yang khusus dimasak pada acara-acara penting. Faktanya, kita punya banyak sekali resep mie goreng dengan citarasa Indonesia banget yang wajib Anda sekeluarga coba. Mau tahu apa aja resepnya? Check this out!

1. Resep Mie Goreng Ala Pontianak

Pontianak dikenal  dengan spot wisata Tugu Khatulistiwa dan sungai kerennya, Kapuas. Meski begitu, kuliner ibukota di Kalimantan Barat ini juga tak kalah memanjakan lidah, salah satunya ya resep mie goreng favorit.


Penampakan mie goreng ala Pontianak sekilas terlihat seragam dengan mie goreng pada umumnya. Bumbu-bumbu yang digunakan juga standar sih, bawang merah, bawang putih, kemiri, merica, dan daun bawang. Pemilihan sayur pada mie, biasanya digunakan wortel. Saus tomat, saus sambal, dan kecap pun tak ketinggalan. Ingin merasakan nikmatnya mie goreng Pontianak yang autentik? Jangan lupa bertandang ke TKP, ya! Tentu saja saat PPKM usai dan lakukan perjalanan sesuai prokes. Opsi lain, Anda bisa banget mencicipi di rumah makan atau pedagang kaki lima yang menyediakan menu satu ini.

2. Resep Mie Goreng Berempah dari Aceh

Nah, untuk mie goreng satu ini tentunya sudah lebih familiar ya, karena gambar resep mie goreng Aceh sering berseliweran di media sosial dengan tampilan menggugah selera. Anda penasaran, apa saja sih yang membuat mie goreng khas Serambi Mekah ini sangat diminati berbagai kalangan? Apa lagi kalau bukan bumbu-bumbunya yang kaya rempah dan citarasa. Jika mie goreng pada umumnya hanya menggunakan bumbu standar, mie goreng Aceh menambahkan rempah lain seperti jahe, kunyit, adas manis, kapulaga, jintan, tak lupa ketumbar dalam deretan bumbu-bumbunya. Hmm, sudah bisa terbayang bukan bagaimana rasanya yang kaya saat menyapa lidah? Mie goreng Aceh juga tak lupa dilengkapi topping seperti udang, cumi, dan suwiran ayam yang makin menambah kelezatannya. Dijamin, mie goreng Aceh tak akan pernah mengecewakan ekspektasi Anda akan sebuah citarasa mie goreng.


3. Resep Mie Goreng Andalan dari Jawa

Mie goreng Jowo atau mie goreng Jawa adalah salah satu resep mie goreng yang paling tidak asing di telinga karena telah dipopulerkan oleh abang-abang gerobak dan pedagang kaki lima sejak dulu kala. Padahal jika bisa dibilang, penampilan mie goreng Jawa sekilas terlihat sederhana atau mungkin karena mie goreng Jawalah versi resep mie goreng pertama yang dikenal Indonesia sehingga terasa sangat umum dan biasa.


Bahan-bahan yang digunakan pun standar, sayuran seperti sawi atau kol, dilengkapi tomat dan daun bawang lazim ditemukan dalam menu nikmat satu ini. Meski penampilannya terlihat standar, tapi jika seseabang sedang menggoreng mie ini di komplek perumahan, sudah dapat dipastikan aroma yang menguar dari wajannya bakal sukses bikin siapa saja merasa lapar. Anda setuju?

Nah, itulah tadi tiga kreasi resep mie goreng yang rasanya Indonesia banget dan sudah pasti selalu dirindukan masyarakat kita yang sedang merantau keluar negeri. Jika Anda punya banyak waktu senggang dan bingung melakukan apa, mengeksekusi resep mie goreng khas Nusantara bisa jadi pilihan bijak. Selain bisa mengenyangkan perut sekeluarga, Anda juga bantu melestarikan resep warisan para leluhur.


Comments

Popular posts from this blog

Resep Kue Basah Modern dengan Bahan Dasar Ketan

Kumpulan Nama Bayi Laki-Laki Modern Yang Inspiratif

7 Masakan Rumahan yang Bikin Ngiler