Inilah Beberapa Macam Sholawat yang Bisa Kalian Amalkan

 

Inilah Beberapa Macam Sholawat yang Bisa Kalian Amalkan

Sholawat adalah salah satu amalan yang dianjurkan untuk umat Islam. Sholawat ini pada dasarnya merupakan bacaan doa atau pujian kepada Allah SWT, Nabi Muhammad, serta para sahabat dan keluarganya.

Amalan ini merupakan salah satu bukti kecintaan para umatnya terhadap Rasulullah. Sholawat juga merupakan salah satu jalan umat Muslim dalam mengharapkan ridho Allah.

Ada banyak sekali keutamaan yang bisa kita dapatkan dengan bersholawat, mulai dari menghapus dosa, mendapat syafaat, mengangkat derajat, hingga dimudahkan masuk surga.

Dasar tentang amalan sholawat ini sudah tercantum dalam salah satu ayat al-Quran surah Al-Ahzab Ayat 56, berbunyi sebagai berikut.

  1. Al-Ahzab Ayat 56

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ  يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا  

  1. Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.
  1. Sholawat Fatih

"Allahumma sholli ala sayyidina muhammaddinil fatihi lima ughliqo wal khotimi lima sabaqo, nashiril haqqi bil haqqi wal hadi ila shirotikal mustaqim wa ala alihi haqqo qodrihi wa miq darihil adzim."

Artinya:

"Ya Allah limpahkanlah rahmat dan keselamatan serta berkah kepada nabi Muhammad SAW, sebagai pemuka sesuatu yang terkunci, dan penutup sesuatu (para nabi) yang terdahulu, dialah penolong yang benar dengan membawa kebenaran serta petunjuk menuju jalan-Mu yang lurus. Semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya kepada keluarga dan para sahabatnya dengan sebenar-benarnya dengan pangkat dan kedudukan yang agung."

  1. Sholawat Nariyah

"Allaahumma sholli sholaatan kaamilatan wasallim salaamaan taamman alaa sayyidinaa muhammadinil ladzii tanhallu bihiluqodu watanfariju bihilkurobu watuqdhoo bihilhawaaiju watunaalu bihir roghooibu wahusnul khowaatimi wayustasqaal ghomaamu biwajhihilkariimi waalaa aalihii washohbihii fii kulli lamhatin wanafasin biadadi kulli maluumin laka."

Artinya:

"Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau."

  1. Sholawat Mukafaah

"Allohumma sholli ala sayidina muhammadin wa ala alihi sayidina muhammad, sholatan maqbulatan tu,addi biha anna haqqohul adzim."

Artinya:

"Ya Allah, limpahkanlah rahmat, salam dan berkah kepada junjungan kita Muhammad SAW yang ummi (tidak bisa baca tulis) yang menjadi kekasih Allah SWT, yang luhur pangkatnya dan yang agung kemuliaannya, dan limpahkanlah pula atas keluarganya dan para sahabatnya."

  1. Sholawat Ibrahimiyah

"Allohumma solli ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa sollaita ‘alaa aali ibroohim, wa baarik ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa baarokta ‘alaa aali ibroohim, fil ‘aalamiina innaka hamiidummajiid."

Artinya:

"Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan untuk Nabi Muhammad. Dan juga limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat dan keselamatan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim."

  1. Sholawat Matsurah

"Allaahumma sholli alaa muhammadin nabiyyil ummiyyi wa alaa aalihi wasallim."

Artinya:

"Ya Allah, limpahkanlah sholawat kepada Nabi Muhammad yang tiada dapat membaca dan menulis (Ummy) dan semoga keselamatan tercurah kepada segenap keluarganya."

Baca juga : Khusnul Khatimah atau Husnul Khatimah

Itulah beberapa macam sholawat yang bisa kalian amalkan, semoga kalian bisa mendapatkan kebaikan serta ridho Allah dari bacaan-bacaan tersebut. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan maupun kekurangan dalam penulisan artikel ini, terima kasih.

Comments

Popular posts from this blog

Resep Kue Basah Modern dengan Bahan Dasar Ketan

Kumpulan Nama Bayi Laki-Laki Modern Yang Inspiratif

Cairkan Suasana Yang Tegang Dengan Trik Ini