Doa Nabi Yunus: Bacaan, Keistimewaan, Manfaat dan Waktu Terbaik Membacanya

Doa Nabi Yunus: Bacaan, Keistimewaan, Manfaat dan Waktu Terbaik Membacanya


Selain berusaha, berdoa juga menjadi salah satu bentuk ikhtiar seseorang untuk meminta sesuatu kepada Allah SWT. Dengan memanjatkan doa, mereka berharap permintaan yang diinginkannya bisa dikabulkan oleh Allah SWT. Ya, salah satu yang dipercaya banyak orang agar keinginannya dikabulkan adalah doa Nabi Yunus.

Doa Nabi Yunus

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa doa Nabi Yunus adalah salah satu doa yang mustajab. Serta sudah tercantum dalam kitab suci Al-Quran. Mengingat historisnya, doa ini juga sering diamalkan oleh kaum muslim hingga saat ini.

Bagi Anda yang belum tahu asal mula doa ini. Doa ini dipanjatkan oleh Nabi Yunus ketika beliau berada di dalam perut ikan paus, saat melakukan dakwah untuk menyebarkan agama Allah SWT. Saat situasi yang mencekam tersebut, beliau yakin dan optimis, bahwa ujian yang diberikan oleh Allah SWT ini bisa dilaluinya. Kemudian beliau memanjatkan bacaan doa sebagai berikut:

“Laa ilaaha illaa anta, subhaanaka, innii kuntu minadz dzaalimiin”

Yang artinya: “Ya Allah, Tiada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Allah. Sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri dan aku termasuk golongan orang yang zalim.”

Selama 40 hari dalam perut ikan paus, Nabi Yunus terus memanjatkan doa tersebut tanpa henti. Berkat kesungguhannya, Allah pun mengabulkan permintaan Nabi Yunus dengan mengeluarkannya dari perut ikan paus tersebut.

Keistimewaan dan Manfaat Doa Nabi Yunus

Doa Nabi Yunus mempunyai keistimewaan dan berbagai manfaat. Maka tidak mengherankan jika banyak orang yang mengamalkan doa tersebut. Berdasarkan kitab Abwab Al-Faraj yang ditulis oleh Syekh Sayyid Muhammad bin Al-Faraj Al-Alawy Al-Maliky AL-Hasani mengungkapkan, bahwa para ulama membacanya sebanyak 40 kali setelah shalat subuh tanpa henti, bahkan ada yang membacanya sebanyak 1000 kali.

Dalam doa yang sudah disebutkan sebelumnya. Berikut ini tiga keistimewaan dari doa Nabi Yunus.

1. Pengakuan tauhid, percaya dengan keagungan Allah SWT.

2. Pengakuan terhadap dosa yang sudah pernah dilakukan.

3. Permohonan ampun kepada Allah SWT.

Selain ketiga keistimewaan yang sudah disebutkan sebelumnya. Berikut ini beberapa manfaat dengan rutin membaca doa Nabi Yunus.

1. Dikabulkan Keinginannya

Berdasarkan kisah Nabi Yunus. Dengan memanjatkan doa ini secara rutin, besar kemungkinan permintaan yang Anda inginkan akan dikabulkan oleh Allah SWT. Hal ini juga tercantum dalam Hadits At-Tirmidzi. 

2. Memperoleh Ampunan Allah

Doa Nabi Yunus juga berisi tentang permohonan ampunan dan taubat kepada Allah SWT dari semua dosa yang sudah pernah dilakukan. Dengan memanjatkan doa ini secara rutin dan tanpa henti, niscaya Allah akan menerima permohonan ampun dan taubat dari kaum muslim. Tentunya, doa yang Anda panjatkan harus dilakukan dengan niat yang sungguh-sungguh.

3. Mendapat Pahala Orang Mati Syahid

Berdasarkan riwayat Al-Hakim dari Sa’ad bin Abi Waqqash menjelaskan, bahwa seseorang yang membaca doa Nabi Yunus sebanyak 40 kali saat sakit dan mereka meninggal. Maka ia akan menerima pahala orang yang mati syahid.

Waktu Terbaik Membaca Doa Nabi Yunus

Berbagai ulama menyarankan untuk membaca doa ini saat seseorang dilanda kesulitan. Meski begitu, tidak berarti seseorang hanya berdoa saat menghadapi masalah saja. Seorang muslim juga harus berdoa dalam kondisi apapun, sebab doa adalah salah satu cara beribadah kepada Allah SWT. 

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini waktu yang paling baik untuk memanjatkan doa Nabi Yunus.

  • Antara azan dan iqamat.
  • Menjelang waktu shalat dan sesudahnya.
  • Sepertiga malam terakhir.
  • Sepanjang hari jumat.
  • Antara waktu dzuhur ke Ashar dan Ashar ke Maghrib.
  • Setelah khatam membaca Al-Quran.
  • Saat hujan turun.
  • Saat melakukan Tawaf.
  • Saat menghadapi musuh selama perang.

Baca Juga : Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal

Itu dia berbagai informasi yang perlu Anda ketahui dari doa Nabi Yunus. Mulai dari bacaan, keistimewaan, manfaat dan waktu yang tepat untuk memanjatkan doa. Dengan mengamalkan bacaan ini secara rutin dan tanpa henti, niscaya Allah akan mengabulkan permohonan Anda.


Comments

Popular posts from this blog

Resep Kue Basah Modern dengan Bahan Dasar Ketan

Kumpulan Nama Bayi Laki-Laki Modern Yang Inspiratif

7 Masakan Rumahan yang Bikin Ngiler