6 Cara Merawat Ikan Louhan yang Mudah

6 Cara Merawat Ikan Louhan yang Mudah Agar Hidup Sehat dan Berumur Panjang 

Merawat Ikan Louhan

Ikan louhan merupakan salah satu jenis ikan yang kerap dipelihara sejumlah orang sebagai hobi. Ikan louhan memiliki ciri khas terdapat benjolan di kepalanya serta corak sisik yang cerah dan indah. 

Konon katanya, memelihara ikan louhan dipercaya bisa membawa kebahagiaan, kesejahteraan, dan keberuntungan. Sekedar informasi, secara singkat kepercayaan bahwa ikan louhan bisa membawa keberuntungan bagi pemiliknya berawal dari mitos yang ada di negara Tiongkok. Meski demikian, tidak sedikit juga pecinta ikan hias di Taiwan menganggap ikan louhan sebagai pertanda datangnya keberuntungan. Bahkan, nama louhan di Taiwan diartikan sebagai dewa pelindung. Melihat ketenarannya sebagai ikan pembawa keburuntungan tersebut, mungkin membuat kamu tertarik untuk memeliharanya. 

Dan karena mitos itulah kenapa harga satu ekor ikan louhan cukup fantastis, bahkan bisa mencapai hingga jutaan rupiah. Harganya yang mahal, membuat para pemilik ikan louhan harus merawatnya dengan baik. Sebagaimana dilansir dari laman Flower Horn Farming, Senin (29/3/2021), setidaknya terdapat 6 cara merawat ikan louhan yang mudah agar bisa tetap hidup sehat dan berumur panjang.

1. Mengenali Jenis Ikan Louhan 

Ikan Louhan

Sebelum memulai memelihara ikan berdahi jenong ini, kamu perlu mempelajari terlebih dahulu jenis – jenis ikan louhan. Ikan yang satu ini memiliki empat jenis antara lain Golden Monkey, Zhen Zhu, Golden Base, dan Kamfa. 

Naga merah merupakan jenis ikan louhan yang paling terkenal dan kerap dijadikan hewan peliharaan sebagai hobi. Mengenali terlebih dahulu perilaku dan tempramen ikan louhan naga merah ini penting agar tidak terjadi masalah. 

2. Memperhatikan Ukuran Akurium Yang Cocok Untuk Ikan Louhan

Setelah mengenali jenis ikan louhan, jangan lupa perhatikan pula ukuran akurium yang nanti akan menjadi tempat tinggalnya. Ukuran akurium yang cocok untuk ikan louhan setara dengan ukuran 3-8 Inci atau dengan panjang mencapai 90 cm, lebar 40 cm, dan tinggi 50 cm atau lebih. 

Ukuran akurium tersebut tepat untuk mendukung pertumbuhan ikan agar kondisinya prima dan ideal. Semakin tinggi akurium, maka akan semakin bagus untuk ikan karena bisa berenang dengan bebas dan dari terhindar merasa stress. 

3. Memperhatikan Suhu Air



Agar ikan louhan jauh dari kondisi stress, selalu perhatikan kualitas dan suhu air. Umumnya, standar suhu air di akurium yang tepat harus dikisaran 28 hingga 30 derajat celcius. 

Pemilik ikan louhan juga membutuhkan alat pengukur pH untuk mengetahui kualitas air apakah baik atau buruk. 

Ikan louhan membutuhkan tingkat pH sedang yaitu antara 7,5 hingga 8,0. Jika pH tidak sesuai maka bisa mengakibatkan warna air tidak cemerlang. 

4. Memberikan Pakan Yang Tepat

Pemilik ikan louhan bisa memberi pakan berupa cacing darah beku dan udang. Pemberian pakan ini harus dilakukan secara rutin, yaitu dua kali seminggu. Memberi pakan yang tepat juga bisa membantu meningkatkan warna sisik ikan louhan. 

5. Memperhatikan Pembiakan Ikan Louhan



Jika ikan louhan yang kamu miliki berpasangan, usahakan untuk memindahkan ikan betina ke akurium lain setelah kawin. Pastikan memidahkannya ke akurium dengan filtrasi yang tepat. Perhatikan pula telurnya jangan sampai ikut terhisap dalam penyaringan. 

6. Memberikan Pertolongan Saat Sakit

Jika kamu melihat ada satu ikan louhan yang sakit, pisahkan segera ikan sakit tersebut dari ikan lainnya. Tujuannya adalah agar ikan yang sehat tidak terkena penyakit. Berikan perawatan yang efektif pada ikan yang sakit untuk memastikan kesehatannya. 

Baca juga: Cari Tahu Arti Mimpi Buaya


Comments

Popular posts from this blog

Inilah Beberapa Macam Sholawat yang Bisa Kalian Amalkan

5 Inspirasi Hadiah Pernikahan Istimewa untuk Saudara, Bermanfaat dan Berkesan

6 Kalimat Motivasi Yang Lucu Beserta Artinya