Ini 8 Teknik Dasar Permainan Bola Basket Yang Perlu Dipelajari

Teknik Dasar Basket yang Harus Dikuasai, Pemula Harus Tahu!

Sumber: Grid.id

Bola basket adalah salah satu jenis olahraga yang terkenal sejak puluhan tahun lalu. Jika kamu tertarik untuk mempelajari olahraga ini, sebaiknya mempelajari terlebih dahulu teknik dasar permainan bola basket. 

Lantas, yang termasuk teknik dasar permainan bola basket itu apa saja? Dalam olahraga bola basket terdapat 8 teknik dasar dan lanjutan yang perlu kamu pelajari. Berikut dibawah ini penjelasan yang bisa kamu simak agar bisa memahami teori permainan bola basket.

  1. Passing Dan Catching

Sumber: Online Basketball Drill

Teknik paling dasar dalam olahraga bola basket yaitu passing (mengoper) dan catching (menerima) bola dari rekan satu tim. Kamu butuh seorang partner untuk melakukan teknik ini. Kamu harus melakukan gerakan passing dan catching ini dalam waktu yang sangat cepat. Karena jika tidak cekatan, mungkin saja bola direbut oleh lawan. 


  1. Dribbling

Sumber: www.numeric.srv.br

Dribbling adalah gerakan menggiring bola dalam permainan basket. Dalam melakukan dribbling, kamu harus memantulkan bola di lantai sambil berjalan atau berlari dengan cepat. Kamu hanya boleh menggunakan satu tangan saja saat melakukan dribbling. Mengganti tangan diperkenankan saat dribbling, namun tidak diperbolehkan untuk menggiring bola dengan dua tangan sekaligus. 


  1. Shooting

Sumber: DBL ID

Poin dalam olahraga basket didapatkan dengan memasukkan bola ke ring lawan. Karena itu, shooting atau teknik menembak bola ke ring lawan wajib dikuasai. Kamu bisa melakukan shooting dengan satu atau dua tangan. 


  1. Pivot

Sumber: Online Basketball Drills

Pivot adalah gerakan memutar yang bertujuan untuk menyelamatkan bola dari upaya lawan untuk merebutnya. Biasanya gerakan memutar ini dilakukan berurutan dengan tiga teknik lainnya yaitu passing atau mengoper, menggiring bola atau dribbling, kemudian menembakkannya atau shooting ke ring lawan. 


  1. Rebound

Sumber: Basketball HQ

Saat melakukan shooting, biasanya tidak semua tembakan bisa masuk ke ring lawan. Sebagian shooting mungkin saja gagal karena bolanya memantul. Hal itu bisa menjadi celah bagi lawan untuk merebut bola dari tim kamu. Agar hal tersebut tidak terjadi, sebaiknya kamu mempelajari terlebih dahulu teknik rebound. 

Teknik rebound terbagi menjadi dua jenis yaitu offensive rebound dan defensive rebound. 


  1. Slam Dunk

Sumber: MARCHA

Slam Dunk merupakan salah satu jenis variasi gerakan shooting. Gerakan slam dunk terbagi menjadi beberapa variasi antara lain walking in the air (berjalan di udara), alloy-ops, 360 degree dunk, tip dunk, back dunk, dan crossover dunk. 


  1. Screen

Sumber: Ultimate Hoops

Teknik screen digunakan untuk melindungi teman satu tim dari upaya intervensi lawan. Ada dua tahap yang harus kamu lakukan saat melakukan teknik screen. Pertama, kamu harus menggunakan satu atau dua tangan untuk memblokir gerakan lawan yang mendekati teman satu tim kamu. Kemudian, kamu harus membuka atau memberikan jalan kepada pemain yang kamu lindungi tadi. 

Dengan upaya kerjasama yang seperti itu, bukan tidak mungkin tim kamu akan menguasai permainan dan memenangkan pertandingan. 


  1. Lay Up

Sumber: WikiHow

Teknik ini hampir serupa dengan slam dunk, lay up juga adalah salah satu variasi gerakan dari shooting atau menembakkan bola ke arah ring lawan. 

Mempelajari sesuatu tidak hanya cukup berdasarkan teori saja. Namun kamu juga perlu melihat langsung contohnya kemudian mempraktekkannya. Setelah mempelajari teori yang termasuk teknik dasar permainan bola basket diatas, sebaiknya kamu juga mencontoh teknik tersebut dari pemain profesional. Untuk melihat bagaimana gaya permainan para pemain profesional, kamu bisa coba menyaksikan mereka berlaga di pertandingan NBA.

Baca juga: Jangan Bingung! Ini 5 Inspirasi Hadiah Unik yang Bisa Kamu Kasih untuk Sahabat Cowok

Comments

Popular posts from this blog

Inilah Beberapa Macam Sholawat yang Bisa Kalian Amalkan

5 Inspirasi Hadiah Pernikahan Istimewa untuk Saudara, Bermanfaat dan Berkesan

6 Kalimat Motivasi Yang Lucu Beserta Artinya