5 Hadits Tentang Sabar Yang Perlu Diteladani

Kumpulan Hadits Tentang Sabar yang Perlu Diteladani Muslim

Sumber: Viva

Sabar merupakan salah satu sikap yang memiliki banyak keutamaan dan manfaat yang sangat besar. Sabar termasuk perilaku mulia yang sangat perlu dilakukan oleh seluruh umat muslim. Allah SWT memerintahkan umat muslim untuk senantiasa sabar melalui firman – firmanNya dalam Al Quran maupun hadits. Salah satunya yaitu dalam surat Al Baqarah ayat 153, yang artinya :

“Wahai orang – orang yang beriman ! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Sungguh, Allah beserta orang – orang yang sabar.”

Untuk menegaskan firman Allah SWT tentang sabar tersebut, terdapat banyak hadits tentang sabar. Mulai dari sabar dalam menghadapi sakit dan cobaan, menjadi pemaaf, hingga senantiasa bersyukur kepadaNya. 

Berikut dibawah ini 5 hadits tentang sabar yang perlu kita teladani:

Hadits Tentang Sabar Secara Umum 

Sumber: Firstpost

Hadits Pertama

Artinya : “Jika sabar itu seorang laki – laki, niscaya ia adalah orang yang pemurah dan Allah menyukai orang – orang yang sabar.” (HR At Thabrani)

Hadits Kedua

Artinya : “Barangsiapa yang berusaha menjaga diri, maka Allah menjaganya, barangsiapa yang berusaha merasa cukup, maka Allah mencukupinya. Barangsiapa yang berusaha bersabar, maka Allah akan menjadikannya bisa bersabar dan tidak ada seorang pun yang dianugerahi sesuatu yang melebihi kesabaran.” (HR Bukhari No 1469)

Hadits Tentang Sabar Menghadapi Sakit

Sumber: Noor Collective

Artinya : “Seorang muslim yang tertimpa suatu gangguan berupa penyakit atau yang lainnya pasti Allah akan menggugurkan bersamanya dosa – dosanya seperti pohon yang menggugurkan daun – daunnya.” (HR Imam Bukhari dan Muslim).  

Hadits Tentang Sabar Menghadapi Musibah

Sumber: Islampos

Hadits Pertama

Artinya : Nabi SAW. bersabda, “Tidak ada seorang hamba yang meneguk satu tegukan (menerima musibah) yang lebih utama di sisi Allah dari pada satu tegukan yang berat yang ditahan untuk mencari ridha Allah ta’ala.” (HR Ahmad dan At Thabrani). 

Hadits Kedua

Artinya : Nabi SAW bersabda, “Sabar ketika musibah (diganjar) dengan sembilan ratus derajat.” (HR An Nawawi).

Hadits Tentang Sabar Dan Pemaaf

Sumber: Popmama.com

Hadits Pertama

Artinya : “Dari Abu Hurairah RA, dari nabi SAW, yang telah bersabda : Orang yang kuat itu bukanlah karena jago gulat, tetapi orang yang kuat ialah orang yang dapat menahan dirinya dikala sedang marah.” (HR Bukhari dan Muslim). 

Hadits Kedua

Artinya : “Adalah Rasulullah SAW orang yang paling bagus akhlaknya : beliau tidak pernah kasar, berbuat keji, berteriak – teriak di pasar, dan membalas kejahatan dengan kejahatan. Justru beliau pemaaf dan mendamaikan.” (HR Ibnu Hibban). 

Hadits Tentang Sabar Dan Ikhlas

Sumber: CNN Indonesia

Artinya : “Sesungguhnya besarnya pahala itu sesuai dengan besarnya ujian, dan bahwa Allah, apabila menyayangi atau mencintai suatu kaum, maka Allah akan mengujinya, dan bagi siapa saja ridha, maka baginya keridhaan dari Allah, dan barangsiapa yang membenci, maka baginya kebenciaan dari Allah SWT.” (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah). 

Itulah 5 hadits tentang sabar dari sabda Rasulullah SAW. Dengan sabar masalah yang dihadapi menjadi terasa lebih ringan, dengan sabar juga masalah yang dihadapi bisa diselesaikan lebih efektif, saat sabar maka masalah yang dihadapi bisa terselesaikan tanpa menyisakan rasa sakit hati maupun menimbulkan rasa sakit hati lainnya, serta dengan sabar juga maka kita akan senantiasa menjalani kehidupan dengan lebih tenang dan tenteram tanpa merasa gelisah apalagi bermuram hati. 

Baca juga: Doa Nabi Yunus: Bacaan, Keistimewaan, Manfaat dan Waktu Terbaik Membacanya


Comments

Popular posts from this blog

Inilah Beberapa Macam Sholawat yang Bisa Kalian Amalkan

5 Inspirasi Hadiah Pernikahan Istimewa untuk Saudara, Bermanfaat dan Berkesan

6 Kalimat Motivasi Yang Lucu Beserta Artinya