7 Alat Musik Tradisional Papua, Unik & Keren!

Alat musik tradisional menjadi alat yang harus dijaga. Hal tersebut dikarenakan alat musik tradisional merupakan warisan bangsa Indonesia. Seperti yang diketahui bahwa Papua menjadi salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki banyak alat musik tradisional. Biasanya alat musik tradisional Papua digunakan untuk mengiring acara kesenian adat setempat. Berikut Berbagai Macam Alat Musik Tradisional Papua antara lain :


1. Kecapi mulut

Tentunya semua orang tahu bahwa Papua menjadi salah satu daerah penghasil banyak alat musik tradisional di Indonesia. Salah satu alat musik tradisional Papua adalah kecapi mulut. Kecapi mulut dibuat menggunakan bambu wuluh. Alat musik ini memiliki bentuk dan tekstur berbeda dari alat musik kecapi lainnya. Jika alat musik kecapi lain dimainkan dengan cara dipetik maka kecapi mulut dimainkan dengan cara ditiup. 


2. Amyen

Papua terkenal akan berbagai alat musik tradisionalnya. Contoh alat musik tradisional Papua adalah amyen. Alat musik ini dimainkan dengan cara ditiup. Alat musik amyen memiliki bentuk yang cenderung menyerupai trompet. Alat musik ini telah dibuat menggunakan kayu putih.  Alat musik tradisional amyen sangat mudah ditemukan di daerah suku Web. Awalnya alat musik ini digunakan sebagai alat komunikasi dalam sebuah peperangan. 


3. Paar dan kee

Alat musik tradisional tentunya memiliki keunikan masing – masing. Paar dan kee menjadi alat musik tradisional Papua yang memiliki banyak keunikan di dalamnya. Pada dasarnya paar dan kee adalah dua bagian berbeda dari sebuah alat musik. Meskipun paar dan kee merupakan alat musik, namun dalam adat suku Waris alat musik ini digunakan untuk menutupi kelamin pria. 


4. Atowo

Salah satu alat musik tradisional Papua adalah atowo. Alat musik ini sudah jarang ditemukan di daerah Papua. Dengan begitu atowo menjadi salah satu alat musik tradisional Papua yang memiliki status langka. Dengan begitu alat musik ini harus dilestarikan supaya keberadaannya tidak punah atau menghilang. Atowo memiliki bentuk bulat panjang dengan ukurannya yang relatif kecil. Karena memiliki ukuran kecil membuat alat musik ini menghadirkan tekstur ringan saat dipegang. 


5. Triton 

Triton merupakan alat musik tradisional Papua yang dimainkan dengan cara ditiup. Alat musik triton terbuat dari kulit kerang yang sangat mudah ditemukan di wilayah pesisir pantai Papua. Anda dapat menemukan alat musik triton di daerah Biak, Yapen hingga kepulauan Raja Ampat. Awalnya alat musik ini digunakan sebagai sarana untuk melakukan komunikasi.


6. Yi

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan budaya dan alat musik tradisional. Papua menjadi pulau dengan banyak musik tradisional di dalamnya. Salah satu musik tradisional Papua adalah yi. Alat musik ini memiliki bentuk yang hampir menyerupai seruling. Dengan begitu alat musik ini dapat dimainkan dengan cara ditiup. Alat musik yi telah dibuat menggunakan kayu dan bambu dengan bentuknya yang sedikit gempal. Karena terbuat dari kayu membuat alat musik ini memiliki daya tahan awet. Sama seperti alat musik tradisional lainnya, yi sering digunakan untuk mengiringi kesenian daerah.


7. Guoto

Contoh alat musik tradisional Papua adalah guoto. Alat musik ini berasal dari Papua Barat. Alat musik ini dinilai memiliki cara main praktis sehingga mudah dipahami. Alat tradisional ini cukup menarik. Alat musik ini bisa dimainkan dengan cara dipetik.  

Berbagai Macam Alat Musik Tradisional Papua dapat terus dilestarikan. Sebagai generasi muda, kita harus membantu melestarikan alat musik tradisional supaya tidak punah. 


Baca juga: Jenis-jenis Seni Musik Di Dunia


Comments

Popular posts from this blog

Inilah Beberapa Macam Sholawat yang Bisa Kalian Amalkan

5 Inspirasi Hadiah Pernikahan Istimewa untuk Saudara, Bermanfaat dan Berkesan

6 Kalimat Motivasi Yang Lucu Beserta Artinya