Cara Mudah Membuat Resep Rujak Gobet, yang Biasa Digunakan untuk Suguhan Acara Mitoni

 


Rujak gobet bukan hanya sekedar cemilan yang segar. Dalam budaya Jawa, rujak gobet merupakan salah satu makanan yang disantap saat upacara kehamilan tujuh bulan atau disebut dengan Tingkeban atau Mitoni.

Upacara ini dilakukan sebagai bentuk ucapan syukur kepada Tuhan atas keselamatan calon orang tua dan bayi. Biasanya upacara ini dilaksanakan saat usia memasuki usia kehamilan tujuh bulan. Ada beberapa ritual yang dilakukan, seperti siraman, pendandanan dan angreman. Dimana tiap ritual tersebut melambangkan harapan positif untuk keselamatan calon ibu dan bayi kelak. 


Rujak Gobet yang Jadi Suguhan Upacara Tingkeban

Soal suguhan, rujak memang menarik. Calon orang tua akan “menjual” rujak gobet dan es dawet dengan koin dari tanah liat sebagai alat pembayarannya. Calon ayah menerima koin ini dan kemudian memberikannya kepada calon ibu. Ini melambangkan semua pendapatannya untuk keluarga.

Campuran buah untuk rujak gobet harus terdiri dari 7 jenis buah. Umumnya berupa buah musiman, sehingga sangat mudah ditemukan. Buahnya juga tidak boleh manis rasanya dan teksturnya keras, karena nantinya akan diserut atau dipotong memanjang menjadi irisan tipis.

Bengkoang, mangga, kedondong, nanas, mentimun, ubi jalar dan jeruk bali adalah isian rujak gobet yang populer. Ada juga yang mengganti salah satu buahnya dengan pepaya, jambu air dan delima. Semuanya sesuai selera Anda, karena tidak ada aturan bakunya.


Cara Membuat Resep Rujak Gobet Sendiri di Rumah

Lantas bagaimana cara membuat resep rujak gobet ini? berikut ini bahan-bahan yang perlu Anda siapkan beserta dengan cara membuatnya.

Bahan Utama:

- Buah bengkoang,

- Buah mangga muda,

- Buah mentimun,

- Buah kedondong,

- Jeruk bali,

- Buah jambu air,

- Buah pepaya,

Bahan untuk kuah:

- 1000 ml air,

- 50 gram gula pasir,

- 250 gram gula aren,

- 7 buah cabai rawit,

- 10 buah cabai merah keriting,

- 1 sendok teh garam,

- Setengah sendok makan asam jawa tanpa biji,

- 200 gram kacang tanah goreng yang ditumbuk halus (opsional).


Adapun langkah-langkah membuat resep rujak gobet sebagai berikut:

1. Kupas dan cuci bersih sebuah bahan buah-buahan. Kemudian serut kasar dan masukkan ke dalam satu wadah dan simpan di lemari pendingin terlebih dahulu.

2. Blender semua bahan untuk kuah, kecuali asam jawa dan kacang tanah.

3. Rebus bumbu yang sudah dihaluskan, kemudian tambahkan asam jawa dan gula. Rebus bumbu halus tersebut sampai mendidih, serta aduk-aduk agar merata. Setelah masak, dinginkan hingga mencapai suhu ruang.

4. Siapkan wadah saji, dan masukkan serutan buah ke dalamnya. Kemudian tuang kuah rujak dan diamkan kurang lebih selama dua jam hingga kuahnya meresap ke dalam serutan buah.

5. Anda juga bisa menambahkan tumbukan kacang tanah goreng ke dalam rujak gobet sebelum didiamkan.

6. Rujak gobet yang menyegarkan siap disajikan.

Selain menyantapnya langsung setelah kuahnya meresap. Anda juga bisa menambahkan es batu atau es krim ke dalam rujak gobet yang sudah disajikan tersebut untuk menambah kesegarannya. Sebab, rujak memang lebih segar jika dimakan dalam kondisi yang dingin.

Apabila masih ada sisa rujak gobet yang belum habis. Anda bisa meletakkannya di wadah tertutup dan simpan di lemari pendingin. Supaya, tetap dalam kondisi dingin dan bisa langsung dinikmati kemudian hari dalam kondisi yang dingin.

Demikianlah cara membuat resep rujak gobet dengan mudah di rumah. Mengingat rujak gobet ini penting untuk upaya tingkeban. Ada baiknya Anda mengetahui cara membuatnya, supaya tidak kerepotan saat mengadakan acara tersebut di rumah.


Comments

Popular posts from this blog

Inilah Beberapa Macam Sholawat yang Bisa Kalian Amalkan

5 Inspirasi Hadiah Pernikahan Istimewa untuk Saudara, Bermanfaat dan Berkesan

6 Kalimat Motivasi Yang Lucu Beserta Artinya