Rumus Luas Limas Segitiga dan Cara Memecahkan Soalnya

Rumus Luas Limas Segitiga, Bagaimana Memecahkan Soalnya?

Jika Anda pernah melihat gambar piramida Mesir dan penasaran dengan jenis bangunnya, pasti artikel tentang rumus luas limas segitiga ini akan sangat menantang. ternyata piramida Mesir memanfaatkan salah satu bentuk bangun ruang dalam ilmu matematika yaitu Limas. Tahukah Anda bangun ruang limas? Apasaja jenis bangun ruang Limas ini ? Penasaran kan seperti apa, yuk simak materi berikut ya.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang Limas Segitiga. Hal yang perlu diketahui adalah definisi dari Lima situ sendiri, merupakan bangun ruang yang memiliki bentuk alas segibanyak artinya lebih dari satu bentuk, kemudian sisi-sisinya yang berbentuk segitiga, nah setiap masing-masing sisi segitiga ini pada ujungnya meruncing membentuk satu titik sudut. 

Limas sendiri terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan bentuk dasarnya yaitu, limas segiempat, Limas segi lima, Limas segi enam, limas segi ke-n. Namun, pada kesempatan ini akan dibahas satu jenis Limas yaitu Limas segitiga meliputi rumus luas limas segitiga, contoh soal dan pembahasannya secara lengkap.

  1. Pengertian Limas Segitiga

Sesuai dengan namanya yaitu limas segitiga artinya Limas yang bentuk alasnya adalah segitiga. limas segitiga yaitu bangun ruang yang sisinya berbentuk segitiga dengan ujung atasnya meruncing bertemu pada 1 titik dan alasnya berbentuk segitiga.

Limas segitiga itupun dibedakan menjadi beberapa jenis lagi antara lain yaitu limas segitiga sama kaki, sama sisi, siku-siku, dan sembarang. Jadi, dibedakan berdasarkan jenis atau bentuk segitiganya, cara penamaan Limas sendiri tergantung dari bentuk penyusun bangun ruangnya. Bagaimana mudah ya membedakannya.

  1. Ciri-Ciri Limas Segitiga

Berikut merupakan ciri dari bangun ruang dapat digolongkan sebagai Limas Segitiga. Terdapat kriteria suatu Limas dapat dikategorikan sebagai jenis Limas Segitiga antara lain, mempunyai alas berbentuk segitiga. 

Segitiga terdapat beberapa jenis yaitu, segitiga siku-siku, sama sisi, sama kaki dan sembarang. Limas Segitiga terdiri dari 3 buah sisi tegak dan alas dengan segitiga.

  1. Rumus Luas Limas Segitiga

Rumus Luas Segitiga dapat diketahui sebagai berikut.

= Luas alas segitiga + 3 Luas segitiga di sisi tegak

= 1/2 . a . t + 3 ( 1/2 . a . t )

Dengan keterangan sebagai berikut,

½ = Tetapan, a = alas segitiga, t = tinggi. Karena pada Limas berbentuk segitiga maka otomatis sisi tegaknya ada 3.

  1. Pembuktian Rumus Luas Limas Segitiga

Apakah rumus di atas sudah benar ? Coba perhatikan gambar Limas Segitiga berikut.

Rumus Limas – Volume dan Luas | dosenpintar.com

Limas segitiga mempunyai bentuk segitiga baik itu dari alasnya maupun sisi tegaknya, semuanya tersusun dari bentuk segitiga. Karena dibentuk dari segitiga maka, jumlah sisinya yang tegak ada 3 dan alasnya sendiri. Sisi Tegak Limas Segitiga pada gambar, meliputi Sisi 1 ADB, sisi 2 BDC, sisi 3 CDA dan alas segitiga ACB. 

Karena Limas Segitiga tersusun dari 1 alas segitiga dan 3 sisi tegak segitiga maka didapatkan rumus luas limas segitiga adalah sebagai berikut ini.

L. Limas Segitiga = Luas alas + 3 ( Luas sisi tegak )

L. Limas Segitiga = 1/2 . a . t + 3 ( 1/2 . a . t )

  1. Contoh Soal Rumus Luas Limas Segitiga

Diketahui Limas segitiga siku-siku memiliki Panjang alasnya 8 cm, dan 6 cm. Kemudian tinggi Limas segitiganya 10 cm. Tentukan luas limas segitiga!


Contoh Soal Volume Limas

  1. Contoh Pembahasan Soal

Tuliskan elemen apa saja yang sudah tertulis atau diketahui dalam soalnya dahulu.

  1. Luas alas segitiga

Diketahui :

Sisi alas  = 6 cm

Tinggi alas = 8 cm

Luas alas = 1/2 . a . t

= 1/2 . 6 . 8

= 3 . 8

= 24 cm^2

Jadi, Diperoleh luas alas segitiganya adalah 24 cm2. Selanjutnya hitung luas ketiga sisi tegak berbentuk segitiga untuk memperoleh hasil berupa luas limas segitiga.

  1. Luas 3 sisi tegak

Diketahui :

Alas = 6

Tinggi = 10

Luas 3 sisi tegak = 3 (1/2 . a . t)

= 3 ( 1/2 . 6 . 10 )

= 3 ( 30 )

= 90 cm^2

Diperoleh hasilnya Luas 3 sisi tegak yaitu 90 cm2

  1. Menghitung Luas Limas Segitiga

Untuk menghitung Luas keseluruhan limas segitiga sebagai berikut.

L. Limas Segitiga = 1/2 . a . t + 3 ( 1/2 . a . t )

L. Limas Segitiga = 24 cm + 90 cm

L. Limas Segitiga = 114 cm2

Jadi, total luas permukaan Limas Segitiga adalah 114 cm2.

Halo, Bagaimana pembahasan materi rumus luas limas segitiga tadi, sangat mudah bukan caranya. Untuk memahaminya pastikan sudah membaca secara keseluruhan dan memahami secara perlahan pasti mudah. Semoga materi ini bermanfaat bagi readers terutama bagi Anda yang masih duduk di bangku sekolah baik SMP hingga SMA.

Comments

Popular posts from this blog

Pemuda Indonesia Berharap Pemerintah Mau Mendukung Kreatifitas Anak Bangsa

Inilah Beberapa Macam Sholawat yang Bisa Kalian Amalkan

5 Inspirasi Hadiah Pernikahan Istimewa untuk Saudara, Bermanfaat dan Berkesan