Mengenal 5 Perguruan Pencak Silat Indonesia


Pencak silat menjadi salah satu seni bela diri yang populer dan cukup diminati  di Indonesia. Seni bela diri tersebut bahkan ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda dari Indonesia. Sejarahnya pencak sila telah ada sebelum Indonesia merdeka karenanya bukan disebut berasal dari Indonesia melainkan dari nusantara.

Terbilang cukup tua, nyatanya pencak silat terus berkembang. Jika dilihat saat ini, perkembangan tersebut tidak lepas dari adanya beberapa perguruan yang mengajarkan kesenian tersebut. Beberapa dari perguruan pencak silat cukup disegani karena pengaruhnya.

5 perguruan Pencak Silat Berpengaruh di Indonesia

Beberapa perguruan pencak silat yang besar memiliki cabang di beberapa kota. Hal ini membuat semakin banyak yang belajar kesenian bela diri tersebut. Berikut 5 perguruan pencak silat berpengaruh di Indonesia:

  1. Persaudaraan Setia Hati Terate


Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) berdiri jauh sebelum kemerdakaan, tepatnya tahun 1922 di Madiun, Jawa Timur. Perekrutan anggota baru dilakukan setiap tahun dan tidak pernah sepi peminat, tidak hanya peserta dari dalam negeri melainkan juga luar negeri. Namun tidak mudah untuk lolos seleksi masuk ke perguruan ini.

Para calon anggota harus melewati proses latihan yang cukup berat hingga dinilai sah menjadi warga perguruan. Biasanya dalam proses ini banyak peserta berguguran karena tidak sanggup melaluinya. Tidak sekedar memiliki banyak anggota, perguruan ini memiliki prestasi dalam berbagai ajang baik nasional maupun internasional.

  1. Perisai Diri


Berikutnya ada organisasi pencak silat yang didirikan pada 2 Juli 1955 bernama Perisai Diri. Markas pertamanya ada di Surabaya dan kini telah memiliki beberapa cabang. Ciri khas perguruan tinggi satu ini adalah memiliki banyak kategori atau aliran yang berdasarkan karakter setiap gerakan silat.

Tentu tidak akan mudah belajar banyak aliran, namun peminat perguruan pencak silat ini cukup banyak. Selain itu soal prestasi, perguruan pencak silat ini kerap mengikuti berbagai event dan memenangkannya.

  1. Merpati Putih


Nama organisasi pencak silat Merpati Putih tentu tidak asing bagi banyak orang. Merupakan organisasi pencak silat tertua yang berkembang dari tradisi Jawa sejak tahun 1550. Maka tidak heran jika anggotanya tersebar di berbagai penjuru negeri bahkan hingga mancanegara. 

Seni pencak silat yang diajarkan di perguruan tinggi satu ini dikenal dengan aliran pencak silat “beladiri tangan kosong”. Prestasi yang diraih dari berbagai kejuaraan pencak silat antar kelompok hingga ajang nasional.

  1. Tapak Suci Putera Muhammadiyah


Perguruan pencak silat bernama Tapak Suci Putra ini merupakan organisasi di bawah naungan Muhammadiyah. Telah berdiri sejak 31 Juli 1963 di Kauman Yogyakarta. Perguruan tersebut bukan sekedar perguruan pencak silat namun juga sebagai wadah silaturahmi para anggota Muhammadiyah.

Ada banyak prestasi yang diraih dari beragam ajang nasional. Perguruan ini juga memiliki cabang di berbagai kota, hingga kampus-kampus Muhammadiyah. Jadi jika berminat cobalah cari cabang terdekat.

  1. Persinas Asad


Terakhir ada perguruan Persinas Asad yang bertekat membangun tujuan untuk menghimpun potensi dan cita-cita tradisi dan budaya bangsa. Seperti motonya “Pencak Silat is my life”  untuk bersama menjadikan kesenian pencak silat hadir di tengah-tengah kehidupan. Membangun kembali semangat pencak silat dengan penuh keyakinan.

Itu dia 5 perguruan pencak silat besar di Indonesia yang cukup disegani. Tidak heran jika di ranah mancanegera pun Indonesia masih mendominasi dengan atlet-atlet pencak silat yang berprestasi.

Comments

Popular posts from this blog

Pemuda Indonesia Berharap Pemerintah Mau Mendukung Kreatifitas Anak Bangsa

Inilah Beberapa Macam Sholawat yang Bisa Kalian Amalkan

5 Inspirasi Hadiah Pernikahan Istimewa untuk Saudara, Bermanfaat dan Berkesan