5 Cara Merawat Tas Kulit Agar Awet


Memiliki banyak koleksi tas kulit merupakan hal yang lazim dilakukan sebagian besar wanita. Tas kulit dinilai lebih awet serta memiliki banyak model yang elegan. Akan tetapi perlu dipahami ada beberapa cara merawat tas kulit agar awet yang cukup penting. Supaya tas kulit tidak berjamur, tidak mudah rusak, ataupun tidak dapat digunakan lagi. Hal ini sebaiknya diterapkan secara berkala pada para pemilik tas kulit. Secara lengkapnya, ikuti cara berikut ini langkah demi langkah dengan lengkap.

Hindari Mencuci Tas Kulit

Sebaiknya jangan pernah mencuci tas kulit seperti mencuci tas lain pada umumnya. Tas kulit tidak boleh terkena air karena hal tersebut dapat merusak kualitas dari kulit yang digunakan. Apabila terdapat noda pada tas maka sebaiknya bersihkan sesuai jenis nodanya. Noda ringan dapat menggunakan lap basah atau tissue basah saja. Sementara noda yang lebih berat sebaiknya dibersihkan dengan cara tertentu yang akan dijelaskan di bawah ini. Dengan menghindari mencuci tas kulit maka secara tidak langsung tas tidak akan rusak dan bertahan lama.

Gunakan Pembersih Khusus

Apabila menemukan tas kulit mengalami noda yang cukup serius, misalnya noda tinta atau noda bekas makanan, maka carilah pembersih khusus tas kulit. Saat ini jenis pembersih tersebut banyak dijual di pasaran dengan  berbagai macam merek. Untuk menggunakan pembersih ini cukup tuangkan pada kapas lalu usapkan perlahan di bagian yang terkena noda. Alternatif alami dengan cara menggunakan alcohol untuk menghilangkan noda tinta dan menggunakan bedak atau baking soda untuk noda minyak dari makanan. Jika masih mengalami kendala, alternatif lain membawanya pada spa khusus untuk tas kulit.

Semir Secara Berkala

Jika ingin tas kulit tampak baru sepanjang waktu, maka cara merawat tas kulit agar awet selanjutnya yaitu dengan melakukan semir secara berkala. Cukup cari saja produk semir dengan warna sesuai tas yang dimiliki. Untuk tas kulit yang memiliki warna terang seperti merah atau kuning, ada pula semir netral yang dapat digunakan untuk mempercantik warna luar tas. Sehingga dengan demikian tampilan tas akan selalu tampak berkilau seperti terlihat baru sepanjang waktu.

Jemur dan Angin-Anginkan

Menyimpan koleksi tas kulit memang harus penuh kesabaran dan ketelatenan. Apabila memiliki banyak koleksi tas kulit maka sebaiknya ambil waktu secara berkala untuk menjemur serta mengangin-anginkan koleksi tas tersebut. Hal ini untuk membantu menghindari jamur yang rawan melekat pada tas jenis kulit. Alternatif lain bila tidak ingin tas kulit menjadi lembap dan mengalami kerusakan, sebaiknya gunakan sesering mungkin secara bergantian.

Simpan Dalam Dust Bag

Langkah penting lainnya dalam penyimpanan tas kulit yaitu memastikan masing-masing tas tersimpan di dalam dust bag dengan rapi. Umumnya kolektor tas kulit akan mendapatkan sebuah dust bag saat membeli tas dengan bahan kulit tersebut. Sehingga dust bag ini dapat digunakan untuk menyimpan tas dengan baik agar bebas dari debu dan kotoran selama masa penyimpanan. Selain itu pastikan tidak menumpuk tas kulit bersamaan untuk mencegah kelengketan. Gunakan dust bag pada tiap jenis tas dan simpan sejajar dengan rapi.

Itu tadi beberapa cara merawat tas kulit agar awet serta tidak cepat rusak. Dengan merawat tas kulit sepenuhnya, tentu pemakaian tas tersebut dapat dilakukan dalam jangka panjang. Koleksi tas kulit tetap terawat dengan baik serta tampilan luarnya akan selalu tampak baru dan menarik.

Comments

Popular posts from this blog

Pemuda Indonesia Berharap Pemerintah Mau Mendukung Kreatifitas Anak Bangsa

Inilah Beberapa Macam Sholawat yang Bisa Kalian Amalkan

5 Inspirasi Hadiah Pernikahan Istimewa untuk Saudara, Bermanfaat dan Berkesan