Bagaimana Cara Menentukan Niche YouTube?

Bagaimana Cara Menentukan Niche YouTube? Simak Selengkapnya di Sini!

Sumber: Youtube

Ketika kamu ingin menjadi seorang YouTuber maka hal penting yang perlu dilakukan adalah menentukan niche konten YouTube. Tentunya hal ini akan berhubungan dengan seluruh konten-konten YouTube yang nantinya akan kamu unggah. Kamu perlu menyesuaikan topik konten Youtube dengan hal yang kamu sukai.

Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya pembuatan konten yang terhambat akibat adanya ketidaksukaan atau ketidaksesuaian antara bakat dan minat yang kamu miliki dengan niche YouTube yang kamu tentukan. Lalu, bagaimanakah cara menentukan niche yang tepat? Berikut rangkumannya untuk kamu.

Beberapa Tips dalam Menentukan Niche YouTube

Beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam menentukan niche, antara lain :

Tentukan target penonton

Sumber Youtube Viewer

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan target penonton dari konten yang kamu buat. Target penonton ini seperti gender, usia, profesi, atau hal lainnya. Sehingga nantinya konten yang kamu buat bisa tepat sasaran serta kualitas konten pun tetap terjaga dan konsisten.

Tentukan tujuan konten

Sumber: Gramedia.com

Setelah mengetahui target penonton, hal selanjutnya yang perlu kamu tentukan adalah tujuan dari pembuatan konten tersebut. Apakah konten tersebut bertujuan untuk mereview sebuah produk atau suatu hal, atau konten yang kamu buat bertujuan untuk mengedukasi penonton terkait suatu hal, atau konten tersebut bertujuan untuk menghibur penonton, dan berbagai tujuan lainnya.

Kenali bakat yang kamu miliki

Sumber: Good News From Indonesia

Selanjutnya, kamu bisa menggali bakat yang kamu miliki untuk menyesuaikannya dengan niche YouTube yang akan kamu buat. Sehingga dalam hal ini kamu akan lebih enjoy dalam pembuatan konten YouTube.

Salurkan hobi

Setelah mengetahui bakat yang kamu miliki, kamu juga bisa menyalurkan hobi yang kamu miliki dalam proses pembuatan konten YouTube. Misalnya kamu menyukai travelling maka kamu bisa menentukan niche yang berhubungan dengan wisata atau kuliner di sekitar wisata.

Dengan adanya niche yang sesuai bakat, minat bahkan hobi maka kamu akan lebih mudah dalam proses pembuatan konten. Karena dalam hal ini kamu bisa mengekspresikan diri sesuai dengan keinginan yang kamu miliki. Tanpa adanya paksaan atau didasari oleh adanya konten yang harus diunggah pada akun YouTube yang kamu miliki.

Lakukan analisis

Tahap selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah analisis terkait dengan kata kunci dan judul dari konten yang kamu buat. Kamu perlu melakukan riset sederhana untuk menentukan kata kunci dari konten yang akan kamu unggah.

Hal ini bertujuan agar konten tersebut bisa berada di peringkat teratas dalam situs pencarian. Sehingga konten yang kamu buat mudah ditemukan oleh penonton.

Ketahui lebih dalam niche

Setelah itu, kamu bisa memperdalam pengetahuan terkait dengan niche yang telah kamu tentukan. Hal ini berkaitan dengan model konten yang akan kamu buat. Sehingga selama proses pembuatan kamu bisa menampilkan ekspresi murni tanpa adanya paksaan.

Melakukan studi YouTuber lain

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menentukan niche YouTube adalah melakukan studi atau mencari referensi dari akun YouTuber yang lebih handal. Hal ini bertujuan agar kamu memiliki gambaran terkait dengan berbagai macam niche yang ada.

Sehingga kamu bisa lebih mudah untuk mengetahui seluk-beluk atau karakteristik masing-masing niche. Oleh karena itu, hal ini bisa menjadi alternatif bagi kamu sebagai pemula untuk menjadi seorang YouTuber.

Demikian penjelasan mengenai cara menentukan niche untuk menjadi seorang YouTuber bagi pemula. Kamu bisa memilih berbagai niche atau topik bahasan yang kamu sukai. Jangan lupa untuk mempersiapkan berbagai jenis peralatan yang harus kamu miliki untuk mendukung pembuatan video. Selamat mencoba dan sukses selalu!



Comments

Popular posts from this blog

Pemuda Indonesia Berharap Pemerintah Mau Mendukung Kreatifitas Anak Bangsa

Inilah Beberapa Macam Sholawat yang Bisa Kalian Amalkan

5 Inspirasi Hadiah Pernikahan Istimewa untuk Saudara, Bermanfaat dan Berkesan