Hadist Kebersihan dan Cara Menjaga untuk Diri Hingga Lingkungan


Menjaga kebersihan dilakukan oleh setiap orang tanpa melihat umur ataupun status sosial. Sebagai umat Rasulullah pasti sudah mengetahui hadist kebersihan yang sering dibahas dalam banyak hal.

Bagi umat Islam menjaga kebersihan adalah suatu hal yang penting terlebih jika ingin menunaikan ibadah wajib ataupun sunah. Berwudhu dan mandi merupakan salah satu contoh menjaga kebersihan badan yang diajarkan oleh umat Islam.

  1. Hadist Kebersihan

Dalam agama Islam terdapat banyak hadist yang mengajarkan mengenai kebersihan. Hadist itu berbunyi:

An sa’dibni abi waqqasin ‘an abihi ‘aninnabiyyi sallallahu ‘alaihi wasallama innallaha tayyibun yuhibbuttayyiba nadifun yuhibbunnadifa karimun yuhibbulkarama jawadun yuhibbuljawada fanaddifu afnaitakum.”

Yang artinya: “Dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam: Sesungguhnya Allah SWT itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Maha Mulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu.” (HR. Tirmidzi).

  1. Hadist Mengenai Kebersihan Sebagian dari Iman

Selain terdapat hadist mengenai kebersihan pada umumnya, juga ada hadist yang membahas tentang kebersihan sebagian dari iman. Berikut inilah hadistnya:

Thuhuru syathru al iimaani.”

Yang artinya: “Bersuci (thaharah) itu setengah daripada iman.” (HR. Ahmad, Muslim, dan Tirmidzi)

  1. Cara Menjaga Kebersihan

Cara menjaga kebersihan sudah diatur dalam hadist mengenai kebersihan. Sehingga seluruh manusia khususnya umat Islam bisa menjaga kebersihan sesuai dengan anjuran yang ada ketika akan menunaikan ibadah.

  1. Cara Membersihkan Diri Dari 5 Fitrah

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Al fithrohu khomsin, al khitanu, wal istihdaadu, wataqliimul adzfaar, wanatful ibithi, waqoshosysyaaribi.”

Yang artinya: “Ada 5 macam fitrah, yaitu khitan, mencukur bulu kemaluan, memotong kumis, memotong kuku, dan mencabut bulu ketiak.” (HR. Bukhari dan Muslim).

  1. Cara Membersihkan Gigi Menurut Hadist Kebersihan

Telah diriwayatkan oleh Abu Hurairah r.a, dia berkata, Rasulullah SAW bersabda:

Lau laa an asyuqqu ‘ala ummati aw ‘alannasi la amartuhum bissiwaki ma’akulli sholati.”

Yang artinya: “Jika aku tidak menjadikan berat umatku, maka sungguh aku perintahkan bersiwak (menggosok gigi) setiap hendak shalat.” (HR. Bukhari)

Assiwaka math harotu lilfammi mardhotu lirobbi.”

Yang artinya: “Bersiwak itu akan membuat mulut bersih dan diridhoi oleh Allah.” (HR. An Nasa’i, Ahmad).

Selain dari yang telah disebutkan dari hadist di atas, terdapat cara lain untuk menjaga kebersihan. Seperti halnya menjaga kebersihan kuku, memotong rambut hingga mencukur bulu yang ada di tubuh.

  1. Kumpulan Hadist Tentang Kebersihan

Berikut inilah beberapa hadist mengenai kebersihan yang dapat diterapkan setelah mengetahui bacaan dan artinya.

  1. Rasullullah Melaknat Umatnya Jika Tidak Menjaga Kebersihan

Setiap umat beragama Islam wajib hukumnya menjaga kebersihan baik untuk diri sendiri ataupun lingkungan. Seperti yang telah dikatakan oleh sabda Nabi Muhammad SAW, diriwayatkan oleh Imam Muslim, dari Abu Barzah r.a, ia bertanya kepada Nabi Muhammad SAW mengenai manfaat ketika melakukannya dan Rasulullah menjawab “Singkirkanlah kotoran dari jalan kaum muslimin.”

  1. Menjaga Kebersihan Pada Bagian Rambut

Pada spesifiknya, Rasulullah SAW telah mengatakan bahwa setiap kaum Muslimin memuliakan rambut dengan cara melakukan perawatan.

Siapa yang memiliki rambut, maka muliakanlah ia!.” (H.R. Abu Dawud)

Rasulullah SAW juga melakukan peneguran bagi mereka yang masuk masjid namun rambut tidak dalam keadaan rapi. Rasulullah SAW kemudian berkata: “ Bukankah itu lebih baik daripada kalian datang dengan rambut mengembang, seperti (perawakan) setan.”

Demikianlah pembahasan mengenai hadist kebersihan yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW. Bahwasannya umat Muslim wajib hukumnya untuk menjaga kebersihan.

Baca juga: 6 Hadits Tentang Sholat

Comments

Popular posts from this blog

Pemuda Indonesia Berharap Pemerintah Mau Mendukung Kreatifitas Anak Bangsa

Inilah Beberapa Macam Sholawat yang Bisa Kalian Amalkan

5 Inspirasi Hadiah Pernikahan Istimewa untuk Saudara, Bermanfaat dan Berkesan