Kumpulan Hadits Tentang Hari Jumat

Hari Jumat merupakan hari besarnya umat Islam, karena hari Jumat ini bisa dibilang sebagai hari raya atau hari kemenangan umat Islam. 

Sejumlah kejadian bersejarah terjadi pada hari Jumat. Bukan hanya di masa lalu, di masa depan pun seperti kiamat akan terjadi pada hari Jumat. 

Nah, dalam tulisan kali ini akan memberikan kumpulan hadits tentang hari Jumat sebagai berikut ini :

Hadits 1

Dari ‘Aisyah radiyallahu ‘anha, Nabi Shollallahu ‘Alaihi wa sallam biasa membaca pada sholat Shubuh pada hari Jumat “Alam Tanzil.....” (surat As Sajadah) pada rakaat pertama dan “Hal ataa ‘alal insaani hiinum minad dahri lam yakun syai-am madzkuro’ (surat Al Insan) pada rakaat kedua.” (HR. Muslim nomor 880)

Hadits 2

“Perbanyaklah sholawat kepadaku pada setiap Jumat. Karena sholawat umatku akan diperlihatkan padaku setiap Jumat. Barangsiapa yang banyak bersholawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Al-Baihaqi 3:249)

Hadits 3

“Di dalamnya terdapat satu waktu yang tidaklah seorang hamba yang muslim tepat pada saat itu berdiri sholat meminta sesuatu kepada Allah, melainkan Allah pasti memberikan kepadanya.” Beliau pun mengisyaratkan dengan tangannya untuk menggambarkan sedikitnya (sebentarnya) waktu tersebut.” (HR. Bukhari, no. 935 dan Muslim, no. 852).

Hadits 4

Nabi Shollallahu ‘Alaihi wa sallam bersabda :

“Tidaklah seseorang mandi pada hari Jumat, dan bersuci semampunya. berminyak, atau mengoleskan minyak wangi, kemudian keluar (menuju masjid), dan dia tidak memisahkan dua orang (yang sedang duduk berdampingan), kemudian dia mendirikan sholat yang sesuai dengan tuntunannya, lalu diam mendengarkan ketika imam berkhotbah, melainkan akan diampuni (dosa-dosanya) antara Jumat tersebut dengan Jumat berikutnya.” (HR. Al-Bukhari)

Hadits 5

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Hari terbaik saat matahari terbit adalah Jumat; di atasnya Adam diciptakan dan di atasnya dia dimasukkan ke surga. Pada hari Jumat juga, Adam diusir dari Firdaus. Dan jam (terakhir) pada Hari Kebangkitan tidak akan berlangsung pada hari selain Jumat.” (HR. Muslim). 

Hadits 6

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda:”Sholat lima waktu, Jumat ke Jumat, dan Ramadhan ke Ramadhan adalah penghapus dosa-dosa yang diantara semua itu, jika dosa-dosa besar dijauhi” (HR. Muslim). 

Hadits 7

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Ada saatnya (yaitu Jumat) dimana Allah mengabulkan permintaan setiap hamba Muslim yang kebetulan meminta sesuatu kepada Allah sambil berdiri dalam sholat.” (HR. Bukhari dan Muslim). 

Hadits 8

Dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Siapa pun yang menbaca surat Al-Kahf pada malam Jumat, dia akan memiliki cahaya yang akan membentang di antara dirinya dan Ka’bah.” (Al-Albani).

Hadits 9

Abu Hurairah radiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shollallahu ‘Alaihi wa sallam bersabda :

“Hari paling baik dimana matahari terbit pada hari itu adalah hari Jumat, pada hari itu Adam diciptakan, dan pada hari itu Adam dimasukkan ke dalam surga, serta diturunkan dari surga, pada hari itu juga kiamat akan terjadi, pada hari tersebut terdapat suatu waktu dimana tidaklah seorang mukmin sholat menghadap Allah mengharapkan kebaikan kecuali Allah akan mengabulkan permintaannya.” (HR. Muslim).

Hadits 10

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah.” (HR. Ad-Darimi)

Baca juga: 5 Hadits Tentang Sabar Yang Perlu Diteladani

Comments

Popular posts from this blog

Pemuda Indonesia Berharap Pemerintah Mau Mendukung Kreatifitas Anak Bangsa

Inilah Beberapa Macam Sholawat yang Bisa Kalian Amalkan

5 Inspirasi Hadiah Pernikahan Istimewa untuk Saudara, Bermanfaat dan Berkesan