Penjelasan Hari Kiamat Kubra Berdasarkan Surah dalam Al-Qur’an


Salah satu dari bagian rukun iman dalam agama Islam, mengimani atau mempercayai adanya hari akhir merupakan suatu kewajiban. Hari akhir atau hari kiamat adalah hari yang digambarkan sebagai hari kehancuran serta hari kebangkitan. 

Hari kiamat kubra atau sering juga disebut dengan kiamat besar ini digambarkan sangat menakutkan. Selain itu, hari kiamat juga tidak ada satu manusiapun yang mengetahuinya. 

Hari kiamat hanya diketahui oleh Allah SWT kapan akan terjadi. Namun, sebagai umat beragama yang wajib mengimani hari akhir harus mengetahui tanda-tand dari hari kiamat.

Gambaran Hari Kiamat dalam Al-Qur’an

Pembahasan mengenai hari kiamat sudah dijelaskan dalam Al-Qur’an. Berikut ini adalah pembahasan serta tanda-tanda hari kiamat besar yang akan meluluh lantakkan seluruh umat manusia serta seluruh dunia.

  • QS. Al-A’raf ayat 187

Pada QS. Al-A’raf ayat 187, dijelaskan bahwa tidak ada yang mengetahui kapan terjadinya hari kiamat besar atau kiamat kubro. Kiamat besar hanya diketahui oleh Allah SWT sebagai Tuhan Pencipta alam semesta. Berikut ini adalah kutipan ayat dari QS. Al-A’raf ayat 187.

“Mereka menanyakan kepadamu tentang hari akhir: ‘kapankah terjadinya?’ katakanlah: ‘sesungguhnya pengetahuian tentang itu ada pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatanyannya selain Dia. Kiamat itu amat berat bagi yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan adatang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba.’ 

Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar mengetahuinya. Katakanlah: ‘sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah sisi Tuhan, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.”

  • QS. Al-Zalzalah

Allah juga memberikan tanda-tanda datangnya hari kiamat dan menggambarkan apa yang terjadi pada saat kiamat tiba pada QS. Al-Zalzalah. Pada surah ini, Allah menggambarkan bahwa hari kiamat mulai dengan bumi yang digoncangkan dengan dahsyat. 

Goncangan dibumi bukan diartikan sebagai gempa bumi yang dirasakan oleh sebagian besar wilayah saja, namun goncangan tersebut dirasakan oleh seluruh wilayah yang ada di bumi. 

Hal ini merujuk pada kutipan ayat QS. Al-Zalzalah ayat 1 dan 2 yang mana Allah berfirman: “Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan yang dahsyat, dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat yang dikandungnya”

  • QS. Ad-Dukhan

Dukhan merupakan salah satu tanda akan terjadinya hari kiamat. Dukhan digambarkan sebagai bencana berupa kepulan asap ataupun kabut yang menyelimuti seluruh langit dalam waktu hingga 40 hari 40 malam. 

Pada saat terjadinya bencana ini, bumi akan terasa sangat panas dan juga sangat gelap. Tak hanya itu saja, QS. Ad-Dukhan juga menjelaskan bahwa ketika itu oksigen menjadi sangat tipis. 

QS. Ad-Dukhan juga menjelaskan bahwa pada saat terjadinya hari kiamat, manusia mementingkan dirinya sendiri dan tidak akan ada yang bisa menolong. Hal ini dijelaskan dalam ayat 41 yang berisi: “Yaitu hari yang seorang karib tidak dapat memberi manfaat kepada karibnya sedikitpun, mereka tidak akan mendapatkan pertologan”

  • QS. An Naml

Al-Qur’an diturunkan ke bumi sebagai pedoman umat Muslim. Dalam hal mengimani hari kiamat, Allah telah memberikan tandanya pada QS. An Naml. 

Pada surah ini dijelaskan bahwa pada saat terjadinya hari kiamat akan datang suatu binatang melata yang sangat besar sekali. Kemunculan binatang ini memberikan tanda yang kuat bahwa hari akhir atau kiamat besar akan segera tiba. 

Kemunculan binatang ini juga menjadi salah satu bentuk kekuatan dan kuasa dari Allah SWT. Hal ini tercantum dengan jelas pada QS. An-Naml ayat 82. 

Comments

Popular posts from this blog

Pemuda Indonesia Berharap Pemerintah Mau Mendukung Kreatifitas Anak Bangsa

Inilah Beberapa Macam Sholawat yang Bisa Kalian Amalkan

5 Inspirasi Hadiah Pernikahan Istimewa untuk Saudara, Bermanfaat dan Berkesan